Rabu, 22/01/2020 03:43 WIB

Matcha Berpeluang Saingi Pasar Kopi dan Coklat

Pasalnya, minuman asli Jepang tersebut cocok dikombinasikan dengan aneka teh maupun boba yang ada di pasaran

Minuman olahan matcha (Foto: Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Founder Indonesia Tea Institute, Ratna Somantri, mengatakan matcha berpeluang menyaingi pasar kopi dan coklat, yang saat ini sedang menjamur di Indonesia.

Pasalnya, minuman asli Jepang tersebut cocok dikombinasikan dengan aneka teh maupun boba yang ada di pasaran. Sehingga ini bisa menjadi modal untuk menggaet pasar dari kalangan milenial.

"Sekarang kan ada teh susu atau boba. Nah matcha ini cocok diaplikasikan di kedua minuman tersebut. Apalagi sekarang sudah ada variasi ditambah regal dan oreo, sehingga matcha punya peluang di sini," ujar Ratna kepada awak media dalam kegiatan `National Matcha Day with Matchamu`, pada Selasa (14/1) di Jakarta.

Selain itu, lanjut Ratna, matcha memiliki cita rasa yang unik serta tampilan menarik. Minuman yang berasal dari daun teh hijau yang dihaluskan hingga menjadi bubuk (tea powder) itu juga mengandung antioksidan yang tinggi.

"Ketika teh menjamur, matchamu hadir dengan varian. Sekarang kan orang cari bukan hanya enak diminum, tapi penampilan yang menarik. Warna matchamu ini cantik banget. Warna hijaunya dari matcha," kata dia.

Namun untuk disukai untuk bisa menjadi kompetitor kopi dan coklat, Ratna menyebut matcha memiliki tantangan tersendiri.

Di Indonesia, kata Ratna, umumnya masyarakat masih memandang teh sebagai minuman murah. Padahal di negara asalnya, Jepang, matcha disajikan dalam upacara-upacara kaum bangsawan.

"Karena sekarang berkat medsos, matcha bisa sepopuler ini. Tapi harus diakui bahwa kita masih sangat tertinggal soal matcha," terang Ratna.

Sementara Tea Executive Officer Matchamu, Lintang Wuriantari menerangkan, Matchamu hingga kini berhasil mendapatkan tempat di hati para penikmat teh. Sehingga tidak heran, pabriknya sudah mampu menghasilkan 400.000 kemasan per hari.

Kuncinya, lanjut Lintang, dia selalu menekankan untuk menjaga nilai (value) tentang bagaimana matcha dihasilkan di negeri asalnya.

Di Negeri Sakura, setiap tahap proses pembuatan matcha selalu diperhatikan dengan baik, sehingga konsumen dapat merasakan kualitas dan kejujuran dari sebuah produk.

"Dengan matcha yang menyehatkan dan bisa bikin relaks, makanya hari ini, 14 Januari kita deklarasi Hari Matcha Nasional," tandas Lintang.

TAGS : Matcha Minuman Enak Teh Hijau




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :