Minggu, 23/02/2020 13:31 WIB

AS Sanksi Tujuh Politisi Pro Presiden Nicolas Maduro

Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin menyebutkan, di antara ketujuh politisi itu adalah Luis Parra, Adolfo Superlano, dan Negal Morales.

Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS), Steven Mnuchin. (Foto: AFP)

Washington, Jurnas.com - Amerika Serikat (AS) menjatuhkan sanksi tujuh politisi Venezuela yang katanya membantu Presiden Nicolas Maduro merebut kendali kongres negara itu, yang disebut Majelis Nasional.

Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin menyebutkan, di antara ketujuh politisi itu adalah Luis Parra, Adolfo Superlano, dan Negal Morales. Selain asetnya dibekukan, mereka juga dilarang melakukan bisnis dengan warga AS.

Parra dengan tegas menolak langkah AS itu. Ia mengatakan, tindakan tersebut tidak dapat diterima bagi negara-negara asing untuk ikut campur dalam tindakan Majelis Nasional Venezuela.

"Departemen Keuangan menunjuk tujuh pejabat Majelis Nasional yang korup atas permintaan Maduro, berusaha menghalangi proses demokrasi di Venezuela," kata Mnuchin dalam sebuah pernyataan.

"Para pejabat ini dan pejabat lain yang ditunjuk dapat dihapus sanksi jika mereka berpihak pada rakyat Venezuela dan Juan Guaido sebagai pemimpin sah mereka," katanya.

Washington mendukung tokoh oposisi negara itu, Juan Guaido yang menyatakan dirinya sebagai presiden sementara Januari lalu. Caracas menyalahkan AS atas krisis politik di negara itu, mengatakan Guaido adalah boneka Washington.

Pekan lalu, Maduro mengecam Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo sebagai badut yang gagal, setelah pejabat AS itu memberi selamat kepada kepada Guaido atas pemilihannya kembali.

Maduro menggambarkan upacara pengambilan sumpah Guaido sebagai upacara pertunjukan. Ia mengatakan, pemerintahan Presiden AS Donald Trump akan terus gagal dan gagal dan gagal dan Mike Pompeo akan terus menggelar pertunjukan kebadutan.

Departemen Luar Negeri AS sebelumnya, juga mengancam Caracas, jika Guaido ditangkap, Washington akan mengambil tindakan "yang melangkah lebih jauh" daripada yang telah diadopsi terhadap pemerintah Venezuela, termasuk sanksi ekonomi yang lebih keras.

Parra terpilih sebagai ketua Majelis Nasional pada 5 Januari ketika pasukan keamanan mencegah Guaido dan anggota parlemen sekutu memasuki gedung.

Guaido terlihat bentrok dengan pasukan keamanan untuk memasuki parlemen. Ia juga terlihat berusaha memanjat pagar di sekitar tempat Majelis Nasional untuk masuk ketika petugas polisi mendorongnya kembali dengan perisai kerusuhan.

TAGS : Sanksi Amerika Serikat Nicolas Maduro Mike Pompeo Steven Mnuchin




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :