Jum'at, 26/02/2021 22:05 WIB

Agus Lenon Wafat, Para Penggiat HAM Berduka

Agus Lenon adalah aktivis senior yang oleh rekan-rekanya sudah dianggap sebagai kakak dan mentor politik.

Aktivis Senior Agus Lenon (almarhum)

Jakarta, Jurnas.com - Kabar duka datang dari aktivis penggiat Hak Azasi Manusia (HAM). Direktur Pusat Informasi dan Pendidikan Hak Azasi Manusia (PIPHAM) Jakarta, Agus Edy Santoso (Agus Lenon) meninggal dunia pada Jum`at 10 Januari 2020, pukul 21.11 WIB di RS Harapan Kita, Jakarta.

Aktivis Hukum Nurdin Ranggabarani mengatakan, almarhum Agus Lenon adalah aktivis senior yang oleh rekan-rekanya sudah dianggap sebagai kakak dan mentor politik.

"Beliau mengajari kami tentang semangat juang yang tak pernah redup, tentang idealisme yang tak tergoyahkan," ujar Nurdin, Sabtu (11/1/2020).

Ia juga menyebut Agus Lenon mendidik agar para aktivis punya keberpihakan yang jelas pada yang lemah dan loyalitas tunggal kepada rakyat.

"Juga konsistensi sikap yang tegak serta memahami resiko perjuangan," lanjutnya.

Bagi Nurdin, almarhum menjalankan tugas sebagai sebuah amanah dan tanggungjawab yang harus dipikul dengan baik. Dari sana lahir kesederhanaan dan kebersahajaan.

"Saya sempat numpang hidup pada beliau, saat saya magang di PIPHAM Jakarta, pd 1994-1996. Beliaulah yang memperkenalkan saya ke jaringan aktivis nasional berbagai kota, bahkan jaringan aktivis berbagai negara," jelas Nurdin.
Selamat jalan Agus Lenon.

TAGS : Agus Lenon HAM Aktivis




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :