Senin, 06/07/2020 16:09 WIB

Manfaat Berciuman Menurut Ilmuwan

Menurut ilmu pengetahuan, berciuman tidak hanya membuat kita bahagia dengan mengurangi tingkat stres

Ilustrasi ciuman

Jurnas.com - Berciuman adalah salah satu hal paling menyenangkan di dunia (tentu saja, setelah cokelat dan anak kucing berbulu halus). Kita terkadang mencium bayi, teman, hewan peliharaan, dan orang yang kita cintai.

Mencium pasangan kita terasa paling istimewa dan, menurut ilmu pengetahuan, berciuman tidak hanya membuat kita bahagia dengan mengurangi tingkat stres, tetapi juga memiliki beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa yang tidak diketahui oleh kebanyakan orang.

Berikut adalah beberapa alasan ilmiah mengapa Anda harus lebih banyak berciuman dilansir Zestradar:

Hormon Cinta

Hal pertama yang terjadi ketika Anda mencium pasangan adalah pelepasan hormon rasa-baik yang berbeda yang membuat Anda merasa luar biasa.

Hormon itu `hormon cinta` oksitosin dan vasopresin, yang bertanggung jawab untuk mengikat ibu dan bayi. Ada juga sedikit dopamin yang membuat para pencium lebih bahagia dan sekelompok neurohormon lain yang membuat kita seimbang.

Pengurangan Stres

Hormon-hormon perasaan yang lebih baik diproduksi oleh tubuh Anda, semakin bahagia Anda. Studi menunjukkan bahwa cinta dan kesenangan secara signifikan mengurangi tingkat stres Anda.

Pertunjukan kasih sayang seperti berciuman memengaruhi kadar kortisol Anda - hormon stres yang menyebabkan sebagian besar penderitaan.

Lebih Bersemangat

Selain hormon perasaan-baik, berciuman juga menyebabkan tubuh Anda memproduksi adrenalin dan noradrenalin.

Zat kimia ini membuat Anda merasa lebih waspada, tepat, dan bersemangat. Denyut jantung Anda meningkat dan Anda merasa lebih hidup dari sebelumnya - semua berkat ciuman!

Berciuman Membantu Menghilangkan Alergi

Mungkin sulit dipercaya, tapi berciuman sebenarnya bisa mengurangi gejala alergi. Pada tahun 2003, para ilmuwan Jepang menerbitkan sebuah studi dalam Fisiologi dan Perilaku , yang menggambarkan hubungan antara alergi dan pengurangan stres.

Orang-orang yang tidak terlalu besar berciuman dalam kehidupan sehari-hari ditinggal bersama pasangannya di kamar untuk dicium selama setengah jam. Pada akhir percobaan, para ilmuwan terkejut mengetahui bahwa orang-orang benar-benar merasa sangat lega dari reaksi alergi mereka.

Gigi yang sehat

Air liur memiliki sifat anti-bakteri yang hebat dan semakin banyak Anda mencium, semakin banyak air liur yang Anda hasilkan.

Ini melembabkan mulut, membantu menelan, dan membersihkan semua partikel jahat yang menyebabkan gigi berlubang. Ini berarti semakin banyak air liur, semakin baik!

Mempererat Hubungan

Semakin Anda mencium pasangan Anda - semakin bahagia Anda dengan hubungan itu. Ya, semudah itu! Studi menunjukkan bahwa ciuman romantis tidak hanya memperkuat ikatan antara Anda dan pasangan, tetapi juga membuat Anda merasa lebih puas tentang semuanya. Jadi ini adalah kunci sebenarnya untuk hubungan panjang yang bahagia!

TAGS : Manfaat Berciuman Hasil Penelitian Ilmuwan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :