Rabu, 20/01/2021 01:01 WIB

Peristiwa Sejarah 05 Januari

Pada 5 Januari 1933, mantan Presiden Calvin Coolidge meninggal karena trombosis koroner di rumahnya di Northampton, Mass., Pada usia 60.

Pada 5 Januari 1933, mantan Presiden Calvin Coolidge meninggal karena trombosis koroner di rumahnya di Northampton, Mass., Pada usia 60.

Jurnas.com - Tanggal 05 Januari yang jatuh pada hari ke-5 dalam kalender Gregorian menyimpan banyak peristiwa sejarah, diantaranya:

1895 - Alfred Dreyfus, seorang tentara Yahudi dalam angkatan bersenjata Prancis yang secara tidak benar dinyatakan bersalah atas pengkhianatan terhadap negara, dicopot pangkatnya dan divonis hukuman penjara seumur hidup di Île du Diable (Pulau Setan).

1896 - Fisikawan Jerman, Wilhelm Conrad Rontgen menemukan alat radiasi sinar X yang kelak disebut seperti namanya.

1900 - Pemimpin Irlandia John Redmond mengumumkan revolusi terhadap kekuasaan Inggris atas negerinya.

1914 - Ford Motor Co. menaikkan gajinya dari $ 2,34 selama 9 jam sehari menjadi $ 5 selama 8 jam kerja.

1919 - Partai Pekerja Jerman (Deutsche Arbeiterpartei, DAP), cikal bakal Partai Pekerja Nasional Sosialis Jerman (Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei, NAZI) didirikan di Munich, Jerman oleh Anton Drexler.

1925 - Nellie Tayloe Ross dari Wyoming dilantik sebagai gubernur wanita pertama di Amerika Serikat.

1933 - Konstruksi Jembatan Golden Gate di sepanjang Teluk San Fransisco mulai dikerjakan.

1933 - Mantan Presiden Calvin Coolidge meninggal karena trombosis koroner di rumahnya di Northampton, Mass., Pada usia 60.

1945 - Uni Soviet mengakui pemerintahan baru Polandia yang pro-Soviet.

1948 - Newsreel berwarna pertama, yang difilmkan di Tournament of Roses di Pasadena, California, dirilis oleh Warner Brothers-Pathe.

1949 - Presiden Amerika Serikat Harry S. Truman mengumumkan program Fair Deal.

1957 - Dalam pidato di depan Congress, Presiden Amerika Serikat Dwight D. Eisenhower menyampaikan Doktrin Eisenhower.

1963 - Universitas Brawijaya berdiri di Kota Malang lewat SK Menteri PTIP No. 1 tahun 1963.

1968 - Alexander Dubcek mulai berkuasa di Cekoslovakia, memulai reformasi politik yang disebut "Sosialisme dengan wajah manusia" dan terkenal dengan "Musim Semi Praha" (Prague Spring).

1972 - Presiden Amerika Serikat Richard M. Nixon mengumumkan Program Pesawat Ulang Alik Ruang Angkasa (Space Shuttle) yang digarap oleh National Aeronatics and Space Administration (NASA).

1973 - Pendirian Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

1976 - Khmer Merah mendeklarasikan Kamboja Demokratik.

1982 - Serangkaian tanah longsor menewaskan hingga 33 orang setelah hujan lebat di wilayah Teluk San Francisco.

1993 - Negara bagian Washington menggantung pembunuh anak berantai Westley Allan Dodd dalam eksekusi tiang gantungan pertama negara itu dalam 28 tahun.

1996 - Penutupan pemerintah AS berakhir setelah 21 hari ketika Kongres meloloskan ukuran pengeluaran sementara yang akan memungkinkan karyawan federal untuk kembali bekerja. Presiden Bill Clinton menandatangani RUU itu keesokan harinya.

1998- Rep. AS Sonny Bono, R-Calif., Dari ketenaran Sonny dan Cher, terbunuh ketika ia menabrak pohon saat bermain ski di South Lake Tahoe, California.

2002 - Seorang pilot mahasiswa berusia 15 tahun, yang terbang sendiri, tewas dalam kecelakaan mesin Cessna-nya yang tunggal ke lantai 28 gedung Bank of America di Tampa, Fla.

2005 - Eris, planet kerdil terbesar yang diketahui di tata surya, ditemukan.

2008 - Kekerasan suku menyusul pemilihan presiden Kenya yang disengketakan merenggut hampir 500 nyawa, kata para pejabat. Kekacauan meledak setelah Presiden Petahana Mwai Kibaki dinyatakan sebagai pemenang atas kandidat oposisi Raila Odinga, yang memiliki kepemimpinan awal yang luas.

2013 - Menteri BUMN, Dahlan Iskan, mengalami kecelakaan saat melakukan uji coba purwarupa mobil listrik Tucuxi.

2013 - Gelombang dingin yang mengirim suhu jauh di bawah rata-rata di India utara disalahkan atas sedikitnya 129 kematian . Banyak korban yang kehilangan tempat tinggal.

2019 - Patriark Bartholomew dari Konstantinopel memberikan kemerdekaan kepada Gereja Ortodoks di Ukraina, secara resmi memisahkannya dari Moskow untuk pertama kalinya sejak abad ke-17.

TAGS : Peristiwa Sejarah Bulan Januari




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :