Rabu, 26/02/2020 01:06 WIB

Paus: Kurangnya Akses ke Layanan Kesehatan adalah Masalah Keadilan Sosial

Paus juga mendorong penggunaan prinsip solidaritas dan subsidiaritas untuk memastikan akses ke perawatan

Paus Fransiskus (foto: Google)

Jakarta, Jurnas.com - Paus Francis pada mengatakan pemerintah dan lembaga harus bekerja untuk memastikan semua orang memiliki akses ke perawatan kesehatan.

Dalam sebuah pesan untuk Hari Orang Sakit Dunia, Paus mengatakan bahwa kurangnya akses ke perawatan kesehatan adalah masalah keadilan sosial.

"Untuk alasan ini, saya mendesak lembaga layanan kesehatan dan pemimpin pemerintah di seluruh dunia untuk tidak mengabaikan keadilan sosial karena terlalu sibuk dengan masalah keuangan," katanya dilansir UPI, Sabtu (04/01).

Dalam pidatonya, Paus juga mendorong penggunaan prinsip solidaritas dan subsidiaritas untuk memastikan akses ke perawatan yang akan menjaga atau memulihkan kesehatan.

Subsidiaritas adalah konsep dalam pemikiran Katolik bahwa masalah harus ditangani oleh unit terkecil dari organisasi sosial di mana mereka akan berfungsi.

Dia juga mendorong para profesional kesehatan untuk membantu membuat kehadiran Kristus dirasakan oleh pasien mereka, dan mengatakan keberatan hati nurani kadang-kadang mungkin diperlukan dalam perjalanan pekerjaan, terutama untuk untuk melindungi hak asasi manusia yang paling benar, hak untuk hidup.

"Dalam pekerjaan Anda, semoga Anda selalu berusaha untuk meningkatkan martabat dan kehidupan setiap orang, dan menolak segala kompromi ke arah euthanasia, membantu bunuh diri atau penindasan hidup, bahkan dalam kasus penyakit terminal," katanya.

TAGS : Paus Francis Layanan Kesehatan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :