Sabtu, 05/12/2020 15:05 WIB

Arkeolog Meksiko Nemu Istana Maya

Bahan bangunan menunjukkan bahwa pekerjaannya dilakukan dua dua fase: satu pada periode Klasik Akhir (600-900 M) dan lainnya pada Terminal Klasik (850-1050 M)

Seorang arkeolog membersihkan plesteran Kuil U, yang terletak di daerah arkelogi Kuluba, di Tizimin, negara bagian Yucatan, Meksiko (Foto: Reuters)

Yucatan, Jurnas.com - Arkeolog Meksiko menemukan Istana Maya baru di daerah arkeologi Kuluba di negara bagian Yucatan, tenggara Meksiko. Istana, yang terletak di dalam kota Maya praHispanik, memiliki panjang 50 meter (164 kaki) dan dengan tinggi 6 meter (19 kaki).

Dilansir dari Reuters, bahan bangunan menunjukkan bahwa pekerjaannya dilakukan dua dua fase: satu pada periode Klasik Akhir (600-900 M) dan lainnya pada Terminal Klasik (850-1050 M).

Bersamaan dengan istana ini, para ahli mengeksplorasi empat struktur lain di alun-alun yang disebut arsitektur Grup C: sebuah altar, dua ruang sisa untuk penggunaan perumahan dan di sekitar konstruksi yang, diyakini, adalah sebuah oven.

Kulubá adalah zona arkeologis yang terletak 35 kilometer dari kotamadya Tizmín yang masih dalam studi dan pemulihan.

Kerajaan Maya yang kuat mencapai puncaknya, yang dikenal sebagai periode klasiknya, antara sekitar 250 M dan 950 M. Kerajaan ini memperluas jangkauannya ke tempat yang sekarang Guatemala, Honduras dan El Salvador barat.

Menurut Wikipedia, peradaban Maya adalah sebuah peradaban di Mesoamerika yang dibangun oleh bangsa Maya. Peradaban ini dikenal akan aksara hieroglifnya dan juga seni rupa, arsitektur, matematika, kalender, dan keahlian astronominya.

Peradaban Maya berkembang di wilayah Meksiko tenggara, seluruh wilayah Guatemala dan Belize, serta bagian barat Honduras dan El Salvador.

Kawasan ini terdiri dari dataran rendah di Semenanjung Yukatan di utara dan Dataran Tinggi Sierra Madre yang terbentang dari Negara Bagian Chiapas di Meksiko hingga Guatemala bagian selatan dan El Salvador, serta dataran rendah di wilayah pesisir Samudra Pasifik di selatan.

TAGS : Arkeolog Meksiko Istana Maya Bangunan Klasik




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :