Sabtu, 05/12/2020 15:51 WIB

Peristiwa Sejarah 25 Desember

Pada tanggal 25 Desember 2007, Paus Benediktus XVI mengungkapkan adegan kelahiran gaya baru di Lapangan Santo Petrus di Vatikan. Itu menggambarkan kelahiran Yesus di rumah Yusuf.

Pada tanggal 25 Desember 2007, Paus Benediktus XVI mengungkapkan adegan kelahiran gaya baru di Lapangan Santo Petrus di Vatikan. Itu menggambarkan kelahiran Yesus di rumah Yusuf.

Jurnas.com - Tanggal 25 Desember yang jatuh pada hari ke-359 (hari ke-360 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian dengan 6 hari menjelang akhir tahun menyimpan banyak peristiwa sejarah, diantaranya:

6 SM - Kelahiran Yesus Kristus. Hari ke-359 (hari ke-360 dalam tahun kabisat) ini dikenal sebagai hari Natal bagi umat Kristen di seluruh dunia.

440 - Natal pertama kali diselenggarakan.

800 - Pengangkatan Charlemagne sebagai Kaisar Romawi Suci di Roma.

1066 - Pengangkatan William Sang Penakluk sebagai raja Inggris, di Westminster Abbey, London.

1599 - Kota Natal, Brasil didirikan.

1818 - Penampilan pertama lagu Silent Night (Gereja St. Nikolaus di Oberndorf, Austria).

1868 - Presiden AS Andrew Johnson memberikan pengampunan kepada semua pemberontak Perang Sipil AS.

1868 - Republik Ezo didirikan di Hokkaido oleh para pemberontak pemerintahan Shogun.

1926 - Hirohito menjadi Kaisar Jepang, menggantikan Kaisar Taisho.

1932 - Gempa bumi berkekuatan 7.6 skala Richter di Gansu, Cina menewaskan kira-kira 70.000 orang.

1939 - A Christmas Carol karya Charles Dickens dibacakan di radio untuk pertama kalinya (radio CBS).

1941 - Hong Kong menyerah kepada Jepang.

1941 - Jepang membom Lapangan Terbang Ulin, merupakan serangan pertama kalinya terhadap kedudukan Belanda di Kalimantan Selatan.

1947 - Konstitusi Republik China (Taiwan) diberlakukan.

1977 - Perdana Menteri Israel Menachem Begin bertemu dengan Presiden Mesir Anwar Sadat di Mesir.

1989 - Nicolae Ceau┼čescu, mantan diktator komunis Rumania, dihukum mati oleh pengadilan tak resmi dan dieksekusi.

1991 - Mikhail Gorbachev mengundurkan diri sebagai presiden Uni Soviet (Uni Soviet sendiri lebur sehari setelahnya).

2000 - Presiden AS Bill Clinton menawarkan rencana perdamaian Timur Tengah yang, antara lain, termasuk proposal bagi Israel untuk menyerahkan kedaulatan atas Temple Mount dan bagi Palestina untuk menyerahkan hak para pengungsi untuk kembali ke Israel.

2000 - Kebakaran terjadi di pesta Natal di sebuah disko tanpa izin di Luoyang, Cina, menewaskan lebih dari 300 orang.

2003 - Presiden Pakistan Pervez Musharraf selamat dari upaya pembunuhan kedua dalam waktu seminggu, tetapi 14 orang lainnya terbunuh dan 40 lainnya cedera dalam serangan bunuh diri.

2007 - Paus Benediktus XVI mengungkapkan adegan kelahiran gaya baru di Lapangan Santo Petrus di Vatikan. Itu menggambarkan kelahiran Yesus di rumah Yusuf, tanpa menyebutkan palungan atau perjalanan ke Betlehem. Adegan Natal itu rupanya didasarkan pada versi kelahiran Yesus dari Matius.

2009 - Seorang pria Nigeria berusia 23 tahun dituduh mencoba meledakkan sebuah pesawat AS di Detroit yang terikat dengan bahan peledak yang disembunyikan di pakaian dalamnya pada Hari Natal. Bom gagal meledak dan dia dengan cepat ditundukkan.

2012 - Paus Benediktus XVI menyerukan diakhirinya pertempuran di Suriah yang dilanda perang. "Saya menyerukan diakhirinya pertumpahan darah, akses yang lebih mudah untuk bantuan pengungsi dan pengungsi," kata paus dalam pesan Natalnya. "Semoga perdamaian muncul bagi rakyat Suriah, terluka parah dan terbelah oleh konflik yang tidak menyayangkan bahkan mereka yang tidak berdaya dan menuai korban yang tidak bersalah."

2013 - di Vatikan, Paus Francis, dalam pesan Natal pertamanya sebagai pemimpin Gereja Katolik Roma, berbicara menentang perang yang "menghancurkan dan melukai banyak nyawa" dan meminta pihak-pihak yang berselisih dalam konflik Suriah untuk "menjamin akses untuk bantuan kemanusiaan.

2016 - Sebuah pesawat jet tua milik pemerintah Rusia menabrak Laut Hitam di lepas pantai barat negara itu, menewaskan lebih dari 90 orang, termasuk wartawan dan anggota band paduan suara militer terkemuka.

 

TAGS : Peristiwa Sejarah Bulan Desember




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :