Rabu, 26/02/2020 01:12 WIB

Manfaat Bangun Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

membiasakan diri untuk bangun pagi secara rutin adalah sesuatu yang berguna bagi kesehatan tubuh secera keseluruhan

ilustrasi tidur

Jakarta, Jurnas.com - Bagi beberapa orang, bangun pagi adalah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Padahal, membiasakan diri untuk bangun pagi secara rutin adalah sesuatu yang berguna bagi kesehatan tubuh secera keseluruhan. Lantas, apa saja manfaat bangun pagi yang bisa Anda dapatkan?

Berikut ini manfaat bangun pagi sebagaimana dilansir doktersehat:

Lebih berenergi sepanjang hari

Manfaat bangun pagi yang pertama adalah membuat Anda berenergi sepanjang hari. Hal ini bisa Anda dapatkan apabila dibarengi dengan olahraga pagi. Perlu Anda ketahui bahwa olahraga membuat tubuh melepaskan hormon endorfin, di mana hal ini bisa membuat suasana hati yang lebih baik sekaligus menjaga kebugaran tubuh. Kondisi inilah  yang memberikan energi tambahan saat melakukan pekerjaan.

Memiliki tubuh yang bugar

Manfaat bangun pagi berikutnya adalah membat seseorang lebih bersemangat untuk berolahraga dan menghirup udara segar. Jika kebiasaan bangun pagi ini rutin dilakukan maka efek positifnya adalah membuat tubuh lebih bugar dan sehat. Menghirup udara segar di pagi hari dibarengi dengan olahraga dapat meningkatkan energi dan menjaga suasana hati lebih baik.

Membuat kondisi mental lebih baik

Seseorang yang memiliki kebiasaan bangun pagi memiliki mental yang lebih optimis. Selain itu, manfaat bangun pagi juga membuat seseorang memiliki perasaan mudah puas. Sementara itu, mereka yang tidur pagi hari dan terbangun di malam hari cenderung memiliki suasana negatif seperti pesimis dan depresi.

Mendapatkan manfaat matahari pagi

Manfaat bangun pagi tidak akan maksimal apabila Anda melewatkan paparan sinar matahari. Produksi vitamin D di dalam tubuh akan meningkat apabila Anda mendapatkan rangsangan dari sinari matahari pagi.

Vitamin D sendiri dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan penyerapan fosfor dan kalsium di usus, sehingga dapat memperkuat gigi, tulang, serta otot. Selain itu, manfaat vitamin D lainnya mencegah penyakit seperti hipertensi, multiple sclerosis, osteoporosis, rakitis dan diabetes.

Terbebas dari rasa cemas

Salah satu cara mengatasi kecemasan adalah dengan mendapatkan manfaat dari bangun pagi. Bangun terlalu siang atau secara tiba-tiba akan membuat Anda lebih terburu-buru. Jika hal ini sering Anda lakukan, kondisi ini bisa mengganggu suasana hati, kreativitas, hingga membahayakan fungsi mental.

Waktu istirahat yang lebih baik

Ritme sirkadian tubuh dipengaruhi oleh bagaimana jadwal tidur Anda, kondisi ini terkait langsung dengan seberapa baik istirahat malam Anda. Ketika waktu tidur-bangun Anda konsisten, hal itu bisa meningkatkan efektivitas tahapan tidur alami yang dibutuhkan tubuh untuk menyembuhkan dan meningkatkan fungsi otak yang sehat.

Perlu Anda ketahui, siklus tidur terjadi berulang kali sepanjang malam dan berhubungan langsung dengan bagaimana otak memproses informasi dan menyimpan memori. Faktanya, banyak penelitian menunjukkan bahwa banyak dari penyelesaian masalah terjadi selama waktu ini, sehingga penting untuk memastikan waktu ini tidak terganggu.

Menciptakan ketenangan

Bangun pagi dapat memberi Anda waktu untuk benar-benar menikmati kondisi di sekitar. Dengan memberi diri Anda waktu untuk tidak melakukan apa-apa, hal ini memberi tubuh semacam ‘hadiah’ untuk melepas lelah dan menghilangkan semua rangsangan mental ketika menjalankan aktivitas sehari-hari.

Masa hening ini sangat bermanfaat bagi otak. Selain itu, duduk dalam diam juga meningkatkan oksigen ke otak karena Anda akan bernapas lebih dalam dan terkontrol. Dampak lanjutannya, hal ini membantu mengurangi migrain dan tekanan darah tinggi.

Membantu kulit terlihat sehat

Setelah tidur nyenyak di malam hari, kulit akan menunjukkan kondisi yang terbaik di pagi hari. Manfaat bangun pagi ini bisa Anda pergunakan untuk memberikan suplemen tambahan pada kulit. Jika Anda memiliki rutinitas tidur yang baik, hal itu memastikan kulit mendapatkan waktu yang tepat untuk peremajaan.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat bangun pagi yang terakhir memiliki kaitan dengan beberapa manfaat yang sebelumnya. Mereka yang terbiasa dengan bangun pagi, biasanya memiliki kebiasaan tidur yang teratur.

Jika peredaran darah menjadi lancar dan tingkat oksigen dalam darah terjaga dengan baik, maka organ lainnya juga ikut menjadi sehat, salah satunya adalah jantung. Banyak gangguan pada jantung terjadi karena aliran darah dan oksigen yang sedikit dan terhambat.

Manfaat dari bangun pagi ini membuat Anda menghirup udara segar sehingga jantung akan bekerja secara maksimal.

TAGS : Bangun Pagi Kesehatan Tubuh




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :