Kamis, 02/07/2020 15:57 WIB

Komentar soal Uighur, Wenger: Ozil Harus Terima Konsekwensinya

Kepada wartawan di Doha, Pelatih 70 tahun itu mengatakan belum mengetahui secara pasti apakah komenter Ozil itu akan berdampak jangka panjang atau tidak.

Mesut Ozil

Doha, Jurnas.com  - Mantan manajer Arsenal, Arsene Wenger mengatakan, Mesut Ozil harus menerima konsekuensi atas kritikannya terhadap prilaku China terhadap Muslim Uighur. Namun, ia membela hak gelandang 31 tahun itu menyatakan pendapat.

Ozil, seorang Muslim Jerman asal Turki yang didatangkan Wenger pada 2013, mengutarakan pendapatnya di akun Twitter dan Instagram pekan lalu tentang minoritas Uighur yang mengalami penganiayaan.

Kepada wartawan di Doha, Pelatih 70 tahun itu mengatakan belum mengetahui secara pasti apakah komenter Ozil itu akan berdampak jangka panjang atau tidak.

"Saya tidak berpikir situasinya pasti. Itu bisa berubah dengan sangat cepat, meskipun saya tidak mengetahui situasinya secara keseluruhan dengan baik. Namun, ketika Anda berkomentar tentang pendapat pribadi Anda, Anda menerima konsekuensinya itu," kata Wenger.

"Pertama-tama Mesut Ozil memiliki kebebasan berbicara seperti orang lain dan dia menggunakan ketenarannya untuk mengekspresikan pendapatnya, apa yang tidak perlu dibagi semua orang tetapi dia memiliki hak untuk melakukan itu," tambah.

Tiongkok berulang kali membantah melakukan penganiayaan terhadap warga Uighur. Namun PBB dan kelompok-kelompok hak asasi manusia memperkirakan hingga dua juta Muslim Uighur yang sebagian besar etnik ditahan sebagai bagian kampanye antiterorisme Beijing.

Setelah Ozil mengeluarkan cuitan itu, klub Arsenal mengambil jarak karena tidak ingin terlibat berdebat dalam urusan pribadi mantan pemain Real Madrid itu. 

Wenger mengatakan, Arsenla tidak ingin terlibat dalam debat tentang keseimbangan yang tepat antara pendapat para pemain dan hubungan komersial yang dimiliki klub-klub besar, seperti Arsenal, secara internasional.

"Saya tidak ingin terlibat dalam dilema itu, saya pikir yang penting adalah bahwa Ozil memiliki tanggung jawab pribadi, dia tidak membawa kata-kata Arsenal Football Club. Jadi yang dia katakan adalah tentang dirinya sendiri, bukan tentang Arsenal,"tambah Wenger.

TAGS : Muslim Uighur Penganiayaan China Arsene Wenger Mesut Ozil




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :