Kamis, 09/07/2020 18:21 WIB

Dengarlah Musik, Untuk Kesehatan Tubuhmu

Mendengarkan musik tanpa kamu sadari dapat merubah suasana hati yang sedang buruk. Bahkan dengan musik dapat menjadikan kita lebih bersemangat dalam menjalani kehidupan.

Ilustrasi Mendengarkan Musik (Foto:dewiku.com)

Jakarta, Jurnas.com - Siapapun pasti suka mendengarkan musik. Terkadang sebuah lagu dapat mewakili perasaan Anda saat mendengarnya. Ternyata musik bukan hanya untuk menghibur saja tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh.

Mendengarkan musik tanpa kamu sadari dapat merubah suasana hati yang sedang buruk. Bahkan dengan musik dapat menjadikan kita lebih bersemangat dalam menjalani kehidupan. Contohnya saat kamu galau kemudian mendengarkan lagu yang bernada riang maka mood kamu akan lebih baik. Sebuah lagu yang kamu sukai bisa membantu mengurangi ketegangan pikiran yang bisa berakibat stres dan kecemasan. Sebaiknya dengarkan lagu yang membangkitkan semangat dan rasa bersyukur agar kamu lebih termotivasi untuk maju.

Pada saat kamu sedang sakit kemudian mendengarkan lagu favorit, maka dapat membuat kamu lebih rileks sehingga dapat mengurangi rasa sakit. Bagi seseorang yang akan menjalani operasi dengan mendengarkan musik yang menyenangkan akan membantunya lebih tenang sehingga mengurangi rasa kecemasan. Pikiran menjadi positif dan menimbulkan semangat untuk sehat.

Musik juga dapat digunakan sebagai terapi bagi kamu yang mengalami sulit tidur. Dengan lagu yang santai dengan volume tidak keras dapat membuat pikiran dan tubuh menjadi tenang sehingga memudahkan kamu untuk tertidur.

Mendengarkan musik dapat dimana saja, termasuk di tempat kerja. Saat kamu mengerjakan tugas kantor yang begitu banyak, lantunan lagu pilihanmu dapat membuat otak menjadi lebih tenaang sehingga lebih mudah berkonsentrasi. Disarankan musik yang kamu pilih adalah instrumental. Hindari musik yang membuat kamu hilang konsentrasi seperti membangkitkan emosimu yang sedang buruk. 

Kecerdasan verbal pada anak-anak juga dapat dirangsang dengan musik. Kemampan anak-anak dalam memahami dan mengerti kata-kata lebih mudah karena mereka merasa senang sehinga tanpa disadari mereka belajar dari setiap kata yang didengarnya dari sebuah lagu. Bukan hanya kecerdasan verbal saja tetapi juga meningkatkan IQ. Bagi seorang anak yang mendengarkan dan bermain alat musik.

Bagi penderita Alzheimer dan demensia dengan mendengarkan lagu kesukaannya dapat membantu mereka untuk memancing memori masa lalu agar tetap mengingat jari dirinya. Penderita stroke juga disarankan setiap hari mendengarkan musik sebagai pemulihannya.

Pada saat berolahraga sebaiknya mendengarkan musik dengan agak cepat dan riang sehingga membangkitkan semangat yang tentu saja mempengaruhi dengan kecepatan gerakan dalam berolahraga. Kalori dalam tubuhpun semakin banyak yang terbakar saat gerakan olahragamu bergerak lebih cepat.

Musik dapat membuat pikiran rileks serta memperbaiki suasana hati tanpa memandang usia dan suasana hati. Bukan itu saja, musik  juga sangat baik untuk kesehatan tubuh sehingga meningkatkan kualitas hidup kita. Namun, kita juga harus menjaga volume saat mendengarkannya agar tidak menderita gangguan pendengaran bahkan akan mengalami kerusakan pendengaran secara permanen.

TAGS : Musik Kesehatan Penyakit




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :