Rabu, 26/02/2020 01:41 WIB

Lepas Ekspor Nanas, Mentan SYL: Impor Merendahkan Martabat Bangsa

Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI) Syahrul Yasin Limpo (SYL) terus mendorong peningkatan ekspor di bidang pertanian dan peternakan

Mentan Syahrul saat melepas ekspor nanas dan panen pedet sapi di PT Great Giant Pineapple dan PT Giant Livestock, Lampung, Selasa (16/12). Foto: Istimewa

Lampung, Jurnas.com - Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI) Syahrul Yasin Limpo (SYL) terus mendorong peningkatan ekspor di bidang pertanian dan peternakan untuk meningkatkan ekonomi bangsa.

Hal itu disampaikan Syahrul saat melepas ekspor nanas dan panen pedet sapi di PT Great Giant Pineapple dan PT Giant Livestock, Lampung, Selasa (16/12).

Menurut Syahrul, peningkatan ekspor harus terus ditingkatkan karena baginya ketika suatu bangsa masih mengimpor dalam jumlah besar, sama halnya merendahkan harga diri bangsa.

"Kalau impor itu berarti merendahkan martabat dan harga diri suatu bangsa. Kita harus bangga itu kalau ekspor kita sudah lebih besar daripada impor," katanya.

Ia menambahkan bahwa Indonesia memiliki modal yang sangat besar untuk terus mengembangkan ekspor. Selain lahan yang menyimpan, alam juga membantu mewijudkan hal tersebut.

"Kita punya tanah, gunung, sungai dan laut yang siap dimanfaatkan. Kita punya matahari yang selalu bersinar. Rakyat kita banyak, 267 juta kalau saya bilang itu Rahmat. Alam sudah siap, rakyatnya banyak, tinggal kita datang memberikan energi," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Mentan SYL melepas sekitar 17 ribu kontainer nanas kaleng, dan memberikan bantuan untuk para petani dan peternak Lampung.

Ia pun berharap dengan bantuan tersebut, Lampung bisa menjadi lokomotif untuk pengembangan ekspor pertanian dan peternakan, sehingga bisa jadi contoh untuk provinsi lainnya.

"Saya mau Lampung menjadi lokomotif baru untuk pertanian dan peternakan dan menjadikan sasaran kita adalah ekspor," ujarnya.

"Yukk mari kita bersama untuk membangun bangsa lebih baik ke depannya. Kita manfaatkan semua anugerah Tuhan ini," pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, para pejabat Kementan, Direktur PT Great Giant Pineapple, Welly Sugiono dan para petani serta peternak Lampung.

TAGS : Kinerja Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Ekspor Nanas




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :