Sabtu, 04/04/2020 13:04 WIB

FIFA Tuntut Mantan Presidem UEFA Puluhan Miliar Rupiah

Komite Banding FIFA memutuskan untuk membatalkan hukuman skorsing untuk Platini dan Blatter dari delapan menjadi enam tahun.

Michel Platini (Foto: Cloudinary)

Jakarta, Jurnas.com - Badan sepak bola dunia FIFA bahwa ia mengajukan permohonan ganti rugi lebih dari $ 2 juta (Rp28 Miliar) dari mantan Presiden FIFA Joseph Blatter dan mantan Presiden Uni Sepak Bola Eropa Asosiasi (UEFA) Michel Platini.

"FIFA hari ini telah mengajukan klaim di pengadilan Swiss terkait terhadap mantan Presiden FIFA Joseph Blatter dan mantan Wakil Presiden FIFA Michel Platini, mencari ganti rugi 2 juta CHF yang belum dibayarkan Platini pada Februari 2011," kata FIFA dalam sebuah pernyataan dilansir Tass.

"Ini mengikuti resolusi bulat yang baru-baru ini diadopsi oleh Komite Tata Kelola FIFA di mana ia menekankan bahwa FIFA berkewajiban untuk mencoba memulihkan dana yang dibayarkan secara ilegal oleh satu mantan pejabat ke yang lain," tambahnya.

"Bahkan Mahkamah Agung Federal Swiss telah mengkonfirmasi bahwa hadiah 2 juta CHF ini harus dilihat sebagai pembayaran yang tidak semestinya."

Pada awal Oktober 2015, Presiden FIFA Sepp Blatter dan Platini, yang juga menjabat sebagai wakil presiden FIFA, keduanya diskors selama 90 hari dari jabatannya sebagai bagian dari penyelidikan dugaan korupsi terhadap mereka.

Di antara tuduhan korupsi, Blatter diduga melakukan pembayaran ilegal 2 juta franc Swiss kepada Presiden UEFA Platini pada Februari 2011.

Ruang ajudikasi Komite Etika FIFA independen mengadakan sidang dengan tuduhan korupsi pada 17 dan 18 Desember 2016 masing-masing sehubungan dengan Blatter dan Platini, dan pada 21 Desember 2016 mereka berdua diskors selama delapan tahun dari semua yang berhubungan dengan sepak bola kegiatan.

Komite Etika juga membuat kedua eksekutif sepakbola itu dikenakan denda, mewajibkan Blatter membayar 50.000 franc Swiss (lebih dari $ 50.300) dan Platini - 80.000 franc Swiss (lebih dari $ 80.500).

Kemudian, Komite Banding FIFA memutuskan untuk membatalkan hukuman skorsing untuk Platini dan Blatter dari delapan menjadi enam tahun.

Platini mengajukan banding atas penangguhannya dengan Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga (CAS) dan pada Mei 2016 pengadilan yang berbasis di Swiss memutuskan untuk mengurangi masa penangguhannya dari enam menjadi empat tahun. Skorsing Platini berakhir pada Oktober tahun ini.

TAGS : Lembaga FIFA Mantan Presiden UEFA Michel Platini




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :