Rabu, 08/07/2020 14:08 WIB

Kemenlu China: Ozil Terpapar Berita Hoaks

Kementerian Luar Negeri China menyebut bintang Arsenal, Mesut Ozil, telah terpapar berita hoaks, menyusul pandangannya terhadap minoritas Muslim Uighur di Xinjiang.

Mesut Ozil saat berdoa sebelum Kick Off (foto: google)

Beijing, Jurnas.com - Kementerian Luar Negeri China menyebut bintang Arsenal, Mesut Ozil, telah terpapar berita hoaks, menyusul pandangannya terhadap minoritas Muslim Uighur di Xinjiang.

Akibat komentar bernada kritik itu, penyedia siaran China CCTV menghapus pertandingan Liga Premier Arsenal melawan Manchester City pekan lalu. Tindakan itu juga diikuti penyedia siaran lainnya.

"Saya tidak tahu apakah Ozil pernah ke Xinjiang secara pribadi, tetapi dia benar-benar tertipu oleh berita palsu dan pernyataan palsu telah memengaruhi penilaiannya," tegas juru bicara Kementerian Luar Negeri Geng Shuang dikutip dari Reuters pada Senin (16/12).

"Kami akan menyambut Ozil untuk datang ke Xinjiang jika dia memiliki kesempatan, untuk berjalan-jalan dan melihat-lihat, selama dia memiliki hati nurani, mampu membedakan yang benar dari yang salah dan menegakkan prinsip-prinsip objektivitas dan keadilan, dia akan melihat Xinjiang yang berbeda," tambah dia.

Hari ini pula, media milik pemerintah China menyindir Ozil seperti badut. Global Times, media yang juga menjadi corong Partai Komunis China, juga menyebut pernyataan Ozil memiliki implikasi serius bagi Arsenal.

"Ozil pesepak bola yang bingung, sembrono dalam menyalahgunakan pengaruh, mudah dihasut, dan mau menghasut orang lain," demikian editorial Global Times edisi Senin (16/12).

"Langkah Ozil telah merusak citranya di kalangan penggemar China, dan akan memiliki implikasi serius bagi Arsenal," lanjut surat kabar itu.

"Orang-orang China harus melihat dengan jelas bahwa apa yang dilakukan Ozil saat ini adalah `penampilan badut`," imbuh media tersebut.

Global Times edisi bahasa Inggris juga memuat pernyataan dari Asosiasi Sepak Bola China, yang mengatakan bahwa "komentar Ozil tidak hanya melukai penggemarnya di China, tetapi juga melukai perasaan orang-orang China".

TAGS : Mesut Ozil Xiinjiang China Muslim Uighur




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :