Senin, 27/01/2020 12:12 WIB

Peristiwa Sejarah 09 Desember

Pada 9 Desember 2014, sebuah laporan Komite Intelijen Senat AS mengatakan interogasi CIA terhadap para tersangka teror setelah 11 September 2001, serangan lebih brutal daripada yang dikatakan pada Gedung Putih atau publik.

Jurnas.com – Tanggal 09 Desember yang jatuh pada hari ke-343 (ke-344 pada tahun kabisat) dalam kalender Gregorian dengan 22 hari menjelang akhir tahun menyimpan banyak peristiwa sejarah, diantaranya:

1907 - Anjing Laut Natal pertama yang mengumpulkan uang untuk melawan TBC mulai dijual di kantor pos di Wilmington, Del.

1937 - Tentara Jepang menyerang kota Nanjing, Tiongkok.

1941 - Perang Dunia II: Tiongkok, Korea dan Kuba menyatakan perang terhadap Jerman dan Jepang.

1947 - Pembantaian Rawagede: sebanyak 431 penduduk sipil Kampung Rawagede di Karawang ditembak mati oleh sepasukan tentara Belanda (KNIL) tanpa proses pengadilan.

1955 - Dua minggu pemberontakan mahasiswa berdarah terhadap Presiden Fulgencio Batista tampaknya mengikuti pola kerusuhan mahasiswa yang menggulingkan Diktator Kuba Gerardo Machado 22 tahun yang lalu. Batista akan tetap berkuasa empat tahun lagi sebelum kehilangan kekuasaan untuk Fidel Castro.

1961 - Tanganyika (kini Tanzania, setelah bergabung dengan Zanzibar) merdeka dari Britania Raya.

1974 - Ajudan Gedung Putih ajudan John Ehrlichman, Watergate, dimulai di mana ia bersaksi bahwa Presiden AS Richard Nixon bertanggung jawab atas suatu penutupan.

1987 - Intifadah I dimulai: Palestina menyerang Israel di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

1987 - Intifada Palestina Pertama melawan pendudukan Israel di Gaza dan Tepi Barat. Palestina memprotes dan membuat kerusuhan setelah truk Pasukan Pertahanan Israel menabrak kendaraan sipil, menewaskan empat warga Palestina.

1990 - Lech Walesa memenangkan pemilihan presiden langsung pertama Polandia.

1991 - Diluncurkannya stasiun televisi dan radio nasional Korea Selatan Seoul Broadcasting Station (SBS).

1992 - SPerdana Menteri Inggris John Major mengumumkan pemisahan resmi Pangeran Charles dan Putri Diana.

1992 - Sekitar 1.700 Marinir AS mendarat di Somalia untuk mengamankan lapangan udara, pelabuhan, dan Kedutaan Besar AS di Mogadishu dan memulihkan ketertiban di negara yang dilanda konflik dan kelaparan.

2003 - Ledakan di pusat kota Moskwa menewaskan 6 orang dan melukai sedikitnya 11 orang.

2008 - Agen federal menangkap Gubernur Illinois Rod Blagojevich atas tuduhan korupsi dalam skema yang melibatkan penjualan kursi Senat terbuka Illinois yang dikosongkan oleh Presiden terpilih Barack Obama.

2013 - KRL Commuter Line jurusan Serpong - Tanah Abang menabrak truk tangki bahan bakar minyak yang hendak melintas dan mengakibatkan 7 orang tewas.

2014 - Sebuah laporan Komite Intelijen Senat AS mengatakan interogasi CIA terhadap para tersangka teror setelah 11 September 2001, serangan lebih brutal daripada yang dikatakan oleh Gedung Putih atau publik. Apa yang disebut "laporan penyiksaan CIA" yang disebut taktik CIA "sangat cacat."

2017 - Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi menyatakan bahwa pasukan negara itu benar-benar membebaskan bangsa dari kelompok militan Negara Islam.

2018 - Quarterback Green Bay Packers Aaron Rodgers mencetak rekor dengan operasinya yang ke-359 berturut-turut tanpa intersepsi dalam kemenangan 34-20 atas Atlanta Falcons. Tom Brady dari New England Patriots sebelumnya memegang rekor tersebut.

TAGS : Peristiwa Sejarah Bulan Desember




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :