Sabtu, 18/01/2020 10:05 WIB

Gunung Selandia Baru Meletus, Wisatawan Waspada

Disebutkan juga bahwa abu yang keluar dari gunung tersebut dapat mempengaruhi beberapa daerah di sekitar gunung tersebut.

Gambar ini diambil pada 25 Oktober 2019 menunjukkan lava dari Piton de la Fournaise (Puncak Tungku) mengalir turun dari wajah timur-tenggara di pulau Reunion di Samudera Hindia. (Foto: AFP)

Selandia Baru, Jurnas.com -  Gunung berapi meletus dan memuntahkan abu ribuan kaki ke udara di Selandia Baru pada Senin (9/12). Hingga kini belum diketahui berapa banyak korban jiwa.

Sebanyak 100 orang berada di sekitarnya ketika letusan mulai sekitar 2:11 siang (0111 GMT) di White Island, sekitar 50 kilometer (30 mil) dari pantai timur Pulau Utara, kata pihak berwenang, mengirimkan asap yang terlihat dari daratan.

"Kami percaya 100 orang berada di atau sekitar pulau itu. Operasi penyelamatan telah dimulai, meskipun masih terlalu dini untuk mengkonfirmasi cedera atau kematian." kata Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern pada konferensi pers.

"Sejumlah orang dilaporkan terluka dan sekarang dievakuasi ke pantai. Itu tampaknya menjadi masalah yang sangat signifikan ... terutama skala orang yang terkena dampak, pada tahap ini," katanya.

Disebutkan bahwa mereka yang terkana dampak letusan itu lebih banyak wisatawan.

"Saya tidak yakin apakah orang-orang ini ada di pulau itu atau di dekat pulau itu, tetapi pasti ada satu kelompok di luar sana dan mereka pasti membutuhkan perawatan medis," kata Walikota kota pesisir Whakatane, dekat Pulau Putih, Judy Turner.

"Ada beberapa cedera dan fokusnya adalah mengembalikan orang-orang yang terluka ini kembali dengan selamat dan membawa mereka ke rumah sakit," sambungnya.

"Tampaknya tidak ada bahaya bagi orang-orang di daerah pantai yang lebih jauh," tambahnya.

Badan Manajemen Darurat Nasional Selandia Baru mengatakan dalam sebuah pernyataan, lingkungan sekitar pulau itu berbahaya. Disebutkan juga bahwa abu yang keluar dari gunung tersebut dapat mempengaruhi beberapa daerah di sekitar gunung tersebut.

Letusan berumur pendek itu memuntahkan bulu abu setinggi sekitar 12.000 kaki (3.658 m), kata badan geosains Selandia Baru, GNS Science, dalam sebuah pernyataan, tetapi dipastikan tidak ada tanda-tanda akan mengalami peningkatan

Gunung berapi Pulau Putih adalah salah satu gunung berapi Selandia Baru yang paling aktif.

TAGS : Selandia Baru Gunun Meletus




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :