Kamis, 25/04/2024 16:15 WIB

Iran, Rusia dan China Latihan Militer Bersama di Samudra Hindia

Dua pejabat tinggi militer menekankan pentingnya kerja sama antara angkatan bersenjata Iran dan China serta peran efektif mereka dalam menjaga keamanan dan perdamaian regional dan internasional.

Komandan Angkatan Laut Iran, Laksamana Muda Hossein Khanzadi (kanan) bertemu dengan Wakil Kepala Departemen Staf Gabungan Tiongkok Mayor Jenderal Shao Yuanming (kiri) di Teheran, 3 November 2019. (Foto: Tasnim)

Teheran, Jurnas.com  - Komandan Angkatan Laut Iran, Laksamana Muda Hossein Khanzadi mengatakan, Iran akan mengadakan latihan bersama angkatan laut dengan Rusia dan China di Samudra Hindia akhir bulan ini.

Demikian kata Khanzadi dalam sebuah pertemuan dengan wakil kepala Departemen Staf Gabungan China, Mayor Jenderal Shao Yuanming. Ia mengatakan, latihan militer yang dinamai dengan Sabuk Keamanan Maritim, akan dilakukan di Samudra Hindia pada tanggal 27 Desember.

Dua pejabat tinggi militer menekankan pentingnya kerja sama antara angkatan bersenjata Iran dan China serta peran efektif mereka dalam menjaga keamanan dan perdamaian regional dan internasional.

"Pada saat ini, Angkatan Darat Iran dan pasukan angkatan laut Iran tegas dalam kolaborasi mereka dengan China. Tujuan strategis telah ditetapkan di tingkat administrasi, dan di tingkat angkatan bersenjata, masalah telah didefinisikan dalam bentuk upaya bersama," Khanzadi.

Di tempat yang sama, Jenderal Yuanming memuji Angkatan Laut Iran sebagai kekuatan internasional dan strategis. Ia mengatakan, Beijing percaya peningkatan hubungan bilateral antara pasukan angkatan laut kedua negara dan menyerukan untuk saling berbagi pengetahuan di bidang pendidikan, teknis dan penyediaan informasi.

Pejabat China itu juga mengatakan latihan gabungan angkatan laut yang akan datang adalah pertunjukan persatuan antara Iran, China, dan Rusia.

Dalam beberapa tahun terakhir, Angkatan Laut Iran telah meningkatkan kehadirannya di perairan internasional untuk melindungi rute laut dan memberikan keamanan bagi kapal dagang dan tanker. Ia juga berhasil menggagalkan beberapa serangan terhadap tanker Iran dan asing selama misinya di perairan internasional.

KEYWORD :

Latihan Militer Iran Rusia Samudra Hindia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :