Sabtu, 20/04/2024 12:17 WIB

Bertemu Eksportir, Mentan Syahrul Dorong Ekspor Tiga Kali Lipat

Eksportir sebagai pionir ekspor sangat dibutuhkan dalam mewujudkan kebangkitan pertanian.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo bertemua eksporti di Kantor Pusat Ditjen Tanaman Pangan di Pasar Minggu, Senin (2/12)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo bertemu eksportir di Kantor Pusat Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian (Kementan), Pasar Minggu, Senin (2/12). Pertemuan masih dalam rangka mengakselerasi ekspor hingga tiga kali lipat.

"Hari ini kami bertemu eksportir di bidang pertanian. Kita berharap besok lebih banyak berbicara bagaimana mengakselerasi ekspor hingga tiga kali lipat," ujar Syahrul kepada Jurnas.com.

Syahrul menegaskan, pemerintah juga membuka lebar masukan dan saran dari para eksportir yang berkaitan dengan penguatan sistem cluster ini. Dengan begitu, percepatan dan penguatan ekspor pertanian yang diharapakan bisa terlaksana dengan baik.

"Jadi apa yang bisa saya bantu dan apa yang bapak lakukan. Kalau kita kompak dan kita tahu mau kemana arahnya, maka endingnya juga akan jelas. Saya berharap kita tidak lagi bertemu dalam bentuk formal, tetapi kita bertemu di lapangan," katanya

Menurut Syahrul, eksportir sebagai pionir ekspor sangat dibutuhkan dalam mewujudkan kebangkitan pertanian. Peran mereka juga diharapkan bisa membawa produk pertanian mendunia dan diterima di pasar internasional.

"Jika tidak mampu melakukan koneksi maka itu adalah kegagalan. Yang paling penting bagi kita adalah negara dan rakyat. Toh Negara sebesar Tiongkok saja butuh kita. Sekarang saatnya kita masuk dalam upaya-upaya nyata," katanya.

Syahrul menambahkan, Indonesia merupakan negara besar yang memiliki potensi sumber daya alam yang luar biasa, yang bisa dioptimalkan dengan baik melalui kemampuan bertani secara modern dan berbasis teknologi.

"Di luar negeri butuh jahe merah. Kita bisa mengekspor denga koneksi. Atau saya memiliki koneksi tetapi saya tidak punya lahan. Jadi saya kira semua harus selaras dan mau bergerak bersama. Petani dan eksportir juga harus berjalan seimbang," tukasnya.

KEYWORD :

Eksportir Pertanian Syahrul Yasin Limpo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :