Senin, 16/12/2019 02:15 WIB

Mengapa Anda Butuh "Me Time"?

Kadang kesepian membuat seseorang menderita. Bahkan tidak jarang, perasaan tersebut berdampak negatif terhadap kesehatan.

Menyendiri baik untuk kesehatan mental (Foto: Bonjour Paris)

Jakarta, Jurnas.com - Kadang kesepian membuat seseorang menderita. Bahkan tidak jarang, perasaan tersebut berdampak negatif terhadap kesehatan. Benarkah selalu demikian?

Menurut para ahli, menyepi alias `Me Time` tidak selamanya buruk. Dikatakan, hal tersebut dapat memperbaiki hubungan sosial, meningkatkan kreativitas dan kepercayaan diri, serta membantu Anda mengatur emosi, agar lebih baik menghadapi situasi yang merugikan.

"Bukannya kesendirian itu selalu baik, tetapi bisa baik jika Anda terbuka untuk menolak gagasan yang umum di Barat, bahwa waktu sendiri selalu merupakan pengalaman negatif yang Anda paksa," kata Thuy-vy Nguyen, asisten profesor di departemen psikologi Universitas Durham dikutip dari CNA pada Senin (2/12).

"Kami memiliki beberapa bukti untuk menunjukkan bahwa menghargai kesendirian tidak benar-benar menyakiti kehidupan sosial Anda. Pada kenyataannya, tindakan itu dapat memperbaikinya," lanjut dia.

Memilih untuk menghabiskan waktu sendiri memiliki manfaat mental, emosional, dan sosial menurut psikoterapis Emily Roberts. Ketika melakukan `Me Time` Anda dapat berefleksi, yang berguna membantu Anda menangani emosi dan pengalaman negatif dengan lebih baik, seperti stres dan kelelahan.

"Secara historis, kesendirian memiliki paradigma yang sangat buruk karena kadang-kadang digunakan sebagai bentuk hukuman," terang Robert Coplan, seorang psikolog perkembangan dan profesor psikologi di Universitas Carleton.

Masalahnya, lanjut Coplan, banyak orang lupa kesendirian bisa menjadi pilihan. Karena ada begitu banyak penelitian yang menunjukkan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang mendapat manfaat dari berinteraksi dengan orang lain.

"Orang akan berusaha mengabaikan bahwa penting juga untuk menghabiskan waktu sendirian. Sulit bagi mereka untuk membayangkan bahwa Anda dapat memiliki keduanya," ujar dia.

Ahli patologi bahasa ucapan di Universitas Howard dan Universitas Columbia, Angela Grice mengatakan, menyendiri memberi diri Anda ruang dan waktu yang tidak terstruktur, untuk membiarkan pikiran Anda berkeliaran tanpa gangguan sosial, meski kadang-kadang juga bisa terasa menakutkan.

Caranya, lanjut Grice, ada beragam cara. Di antaranya mengeksplorasi minat baru. Anda juga bisa meluangkan waktu selama 30 menit setiap minggu untuk membaca di kafe.

"Jika Anda baru memulai, ambil mulai dari langkah kecil," ujar Grice.

Kendati menyarankan untuk mengeksplorasi minat baru, Grice menekankan bahwa Anda tidak harus keluar dari zona nyaman. Anda juga bisa melibatkan profesional untuk membantu.

TAGS : Kesepian Menyendiri Me Time Kesehatan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :