Senin, 16/12/2019 00:39 WIB

Kenali Warna Sperma Anda, Hati-hati Warna Merah

Pada saat ejakulasi, sperma akan keluar melalui penis bersama cairan pekat yang disebut semen.

Ilustrasi Sperma

Jakarta, Jurnas.com - Sperma. Ya, orang hanya tahu bahwa sperma berfungsi untuk membuahi sel telur agar terjadi kehamilan. Tidak salah. adalah sel dari sistem reproduksi laki-laki.

Sperma berbentuk seperti kecebong, dan terbagi menjadi 3 bagian yaitu: kepala, leher dan ekor. Kepala berbentuk lonjong agak gepeng,  berisi inti (nucleus).

Kemudian bagian leher menghubungkan kepala dengan bagian tengah. Sedangkan ekor berfungsi untuk bergerak maju, panjang ekor sekitar 10 kali bagian kepala.

Pada saat ejakulasi, sperma akan keluar melalui penis bersama cairan pekat yang disebut semen. Pada umumnya,  sperma sehat memiliki warna putih cerah atau keabuan dengan tekstur agak kental.

Nah, bagaimana kalau ternyata sperma berwarna beda. Inilah yang perlu kita tahu.

#Sperma berwarna jernih, putih, atau abu-abu

Itu menandakan kondisi sperma yang sehat. seperti ini biasanya juga memiliki tekstur kental yang menandakan banyaknya jumlah sel sperma. Namun ada juga orang mungkin memiliki sperma yang encer walaupun warnanya normal.

Penyebabnya, karena jumlah sperma sedikit, sering ejakulasi, kekurangan asupan zinc, atau semen yang keluar adalah cairan praejakulasi.

# Sperma Kuning atau kehijauan

Jika melihat bewarna tersebut,  menandakan beragam kondisi terkait kesehatan sperma. Ini disebabkan makanan mengandung pewarna, makanan tinggi kandungan sulfur. Misalnya  bawang putih, serta alkohol bisa menyebabkan perubahan warna semen menjadi kuning.

Penyebabnya akibat penumpukan bilirubin dalam tubuh. Bilirubin adalah pigmen yang dihasilkan dari penguraian sel darah merah di dalam hati. Juga bisa berasal dari infeksi prostat, penyakit menular seksual, atau penyakit autoimun.

# Sperma Merah muda, merah, jingga, atau cokelat

Jika Anda mendapatkan sperma warna tersebut, bisa disebabkan adanya darah segar. Warna jingga dan kecokelatan berasal dari darah yang sudah lama bercampur dengan sperma. Warna darah menjadi gelap setelah terpapar oksigen.

Penyebabnya, akibat penyakit menular seksual bisa berupa herpes, klamidia, sifilis, dan gonore. Penyakit ini juga memiliki gejala berupa nyeri saat buang air kecil, ruam dan gatal pada penis, nyeri pada testis, serta keluar cairan kekuningan dari penis.

TAGS : Kelamin Lelaki Kenali Sperma Asupan Kesehatan Alat Vital




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :