Kamis, 12/12/2019 04:38 WIB

China Kecam Dukungan Senat AS untuk Hong Kong

China berjanji akan mengambil langkah-langkah strategis, guna menjaga kedaulatan dan keamanannya.

Lautan warga Hong Kong turun ke jalan protes RUU ekstradisi di Hong Kong pada 9 Juni 2019 (Foto: AFP)

Beijing, Jurnas.com - Pemerintah China mengutuk dukungan Senat Amerika Serikat (AS) terhadap Hong Kong, pasca mengeluarkan undang-undang yang bertujuan melindungi hak asasi manusia di Hong Kong.

Dalam pernyataannya yang dikutip oleh Reuters pada Rabu (20/11), China berjanji akan mengambil langkah-langkah strategis, guna menjaga kedaulatan dan keamanannya.

"Amerika Serikat harus berhenti mencampuri Hong Kong dan urusan dalam negeri China, dan mendesak AS menghentikan dukungan untuk Hong Kong menjadi undang-undang," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri China.

Seperti diketahui, Senat AS mengesahkan UU untuk mendukung pengunjuk rasa di Hong Kong, sekaligus memperingatkan China atas kekerasan yang dilakukan aparat keamanan terhadap para demonstran.

Dengan adanya UU ini, maka status khusus Hong Kong akan ditinjau setiap tahun di bawah hukum AS, serta melihat sejauh mana China merenggut kebebasan di negara bekas jajahan Inggris tersebut.

"AS memperlakukan perdagangan dengan Hong Kong berbeda dari pada perdagangan dengan China daratan," kata Senator Partai Republik Marco Rubio dari Florida.

TAGS : China Senat AS Amerika Serikat Hong Kong




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :