Kamis, 12/12/2019 07:06 WIB

Iran Buka Pasar Enam Juta Barel Minyak dan Kondensat

Rencana penjualan minyak melalui bursa lokal sejalan dengan kewajiban perusahaan berdasarkan undang-undang anggaran nasional.

Instalasi ekspor minyak di Iran selatan. (Foto: Presstv)

Teheran, Jurnas.com - Perusahaan Minyak Nasional Iran (NIOC) sedang mempersiapkan tiga perdagangan besar yang melibatkan enam juta barel minyak dan kondensat di bursa lokal pekan depan.

Pernyataan pada Rabu (13/11) di situs web NIOC mengatakan, perdagangan di Iran Energy Exchange (IRENEX) direncanakan selama tiga hari berturut-turut dimulai pada Senin (18/11).

Dikatakan dua juta barel kondensat, bentuk minyak yang sangat ringan dan biasanya produk sampingan dari produksi gas alam, akan diperdagangkan di IRENEX pada hari Senin dengan harga awal USD57,87 per barel.

Sebelumnya, NIOC mengatakan, dua juta barel minyak mentah ringan akan diperdagangkan dengan harga awal USD 56,72 per barel sementara 2 juta barel minyak mentah berat akan diperdagangkan pada hari Rabu dengan harga awal USD52,77 per barel.

Semua perdagangan akan berlangsung di lingkaran ekspor IRENEX, mekanisme lokal untuk perdagangan energi yang sudah digunakan sejak pertengahan musim panas untuk menjual produk minyak dan petrokimia Iran.

Jika dijual dengan harga yang dinyatakan, tiga kargo minyak dapat menghasilkan sekitar USD350 juta pendapatan untuk NIOC.

Produsen dan distributor minyak dan gas alam nasional sepi peminat dari negara tetangga akibat sanksi sepihak Amerika Serikat (AS).

IRENEX mengatakan, awal pekan ini, Perusahaan Penyulingan dan Distribusi Minyak Nasional Iran (NIORDC) telah menjual 115 juta liter gas minyak cair (LPG) dalam satu hari perdagangan di bursa, menghasilkan lebih dari USD23 juta dalam pendapatan.

Penjualan yang sukses oleh NIORDC mungkin mendorong NIOC mempercepat rencananya untuk perdagangan kargo minyak di IRENEX.

Pernyataan hari Rabu di situs web NIOC mengatakan bahwa rencana penjualan minyak melalui bursa lokal sejalan dengan kewajiban perusahaan berdasarkan undang-undang anggaran nasional.

Perusahaan itu, bersikeras perdagangan dapat mendiversifikasi metode penjualan pada saat Iran mempraktikkan ekonomi perlawanan.

TAGS : Amerika Serikat Sanksi Ilegal Iran Perdagangan Minyak




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :