Minggu, 29/03/2020 21:54 WIB

Buah Nusantara yang Menyehatkan

Terkadang kita hanya memakannya saja tanpa mengetahui bahwa buah tersebut mempuyai kegunaan yang istimewa untuk kesehatan tubuh.

Ilustrasi buah

Jakarta, Jurnas.com - Setiap daerah di Indonesia memiliki banyak buah yang menjadi ciri khasnya. Terkadang kita hanya memakannya saja tanpa mengetahui bahwa buah tersebut mempuyai kegunaan yang istimewa untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini beberapa buah nusantara yang baik untuk dikonsumsi :

1.    Anggur

Dalam buah ini terdapat senyawa flavonoid. Dalam tubuh, senyawa ini dapat meningkatkan produksi lemak baik (HDL) sekaligus menurunkan trigliserida yang beredar di dalam darah, sehingga dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung.

2.    Alpukat

Vitamin E yang terkandung dalam alpukat dapat membantu menghaluskan kulit.  Potasium yang terdapat di buah ini dapat mengurangi pengendapan cairan dan dapat menurunkan tekanan darah. Sedangkan vitamin B6 berkhasiat untuk meredakan sindrom pra -Haid yang biasanya dialami setiap wanita setiap bulannya.

3.    Pepaya

Buah ini selain sangat mudah didapatkan juga memiliki vitamin A yang lebih banyak dibandingkan buah lainnya. Pepaya juga bermanfaat mempercepat proses pencernaan protein. Selain itu, buah ini juga dapat mengurangi peradangan, menyehatkan tulang, mencegah pembekuan darah dan dapat membantu memulihkan kondisi tubuh setelah sakit.

4.    Salak

Buah berkulit sisik ini dapat bermanfaat sebagai pengobatan untuk diare. Selain itu juga berfungsi untuk kesehatan mata. Bila memakan buah salak dengan kulit arinya bisa mengatasi kesulitan dalam BAB.

5.    Melon

Buah Melon memiliki kandungan Vitamin C dan provitamin A, juga memiliki zat anti kanker dan antioksidan. Buah yang berbentuk bulat  ini mempunyai manfaat untuk mencegah darah menggumpal, melancarkan saluran pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol.

TAGS : Buah Kesehatan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :