Sabtu, 07/12/2019 08:56 WIB

Pengamat: Paloh Jadikan Nasdem Sebagai `Bad Boy` Jokowi

Ketum Nasdem Surya Paloh menerima kunjungan Syahrial Oesman.

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh diprediksi akan menjadi `bad boy` bagi Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) - KH Ma`ruf Amin di periode 2019-2024.

"Jadi walau masih berada di dalam pemerintahan, Nasdem itu akan justru "anak nakal," ujar Ilmuwan Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komaruddin, Minggu (10/11/2019).

Ia membeberkan bagaimana manuver Partai Nasdem. Terakhir, usai publisitas berangkulan dengan Presiden PKS Shohibul Iman yang sempat dicandai Presiden Jokowi, Nasdem menghadirkan Anies Baswedan di acara partainya.

Di acara sekelas Kongres pun, Ujang melihat, Surya Paloh membuat sejumlah pernyataan pedas yang diduga terhadap rekan koalisinya.

Walau melancarkan berbagai serangan tersebut, Ujang menilai Surya Paloh dan Nasdem masih akan tetap berada di dalam koalisi Jokowi. Sebab akan sangat merugikan jika Nasdem keluar dari koalisi Jokowi. Hanya kalau soal loyalitas, Nasdem takkan setia seperti di periode sebelumnya. 

"Walaupun Nasdem ada di koalisi Jokowi, namun Nasdem sepertinya akan jadi anak nakal, `bad boy`. Akan banyak mengkritik Jokowi dan kebijakan-kebijakannya dari dalam koalisi," tegas Ujang Komarudin.

"Dan di saat yang sama, walau ada dalam barisan koalisi Jokowi, Nasdem akan mencari teman dari pihak oposisi," imbuhnya.

Lalu mengapa Nasdem dan Surya Paloh sampai setega itu? Menurut Ujang, yang dilakukan itu karena Surya Paloh merasa kecewa dengan Presiden Jokowi. Khususnya karena Jokowi dianggap tak konsisten dalam pemilihan Jaksa Agung.

"Jaksa Agung yang tadinya kader Nasdem. Saat ini posisinya diberikan ke PDIP. Nasdem juga kecewa. Dalam penyusunan kabinet. Surya Paloh tak diajak bicara. Dan Nasdem dapat jatah tiga menteri yang tidak strategis," ujar Ujang.

Kekecewaan lainnya Nasdem terhadap Jokowi, lanjut Ujang, adalah karena Jokowi mengajak Gerindra masuk ke dalam koalisi pemerintahan. Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, yang merupakan lawan di Pilpres lalu, justru diberi posisi menteri pertahanan.

"Masuknya Gerindra telah merubah peta politik internal koalisi Jokowi," imbuhnya.

TAGS : Nasdem Bad Boy Surya Paloh




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :