Sabtu, 20/04/2024 07:58 WIB

Setjen DPR akan Laksanakan Pelatihan Menulis Press Release

Deputi Persidangan Setjen dan BK DPR RI Damayanti mengatakan, sumber daya manusia (SDM) yang ada di bagian Biro Pemberitaan Parlemen (BPP) dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) harus bersinergi dalam memberikan pelayanan kedewanan.

Deputi Persidangan Sekretariat Jenderal (Setjen) dan Badan Keahlian (BK) DPR RI Damayanti

Jakarta, Jurnas.com - Deputi Persidangan Sekretariat Jenderal (Setjen) dan Badan Keahlian (BK) DPR RI Damayanti mengatakan, sumber daya manusia (SDM) yang ada di bagian Biro Pemberitaan Parlemen (BPP) dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) harus bersinergi dalam memberikan pelayanan kedewanan yang berkaitan dengan publikasi kegiatan berbentuk press release, mengingat hal tersebut berkaitan dengan efisiensi dan akurasi kegiatan kedewanan.

"Kita akan adakan workshop yang berbagi. Jadi misalnya, untuk teman-teman di Pemberitaan (BPP) yang sering juga bertugas di luar atau dalam negeri itu akan berbagi ilmu soal penulisan berita. Begitupun staf komisi di AKD akan berbagi hal yang sama terkait tugas administrasi kedewanan," katanya usai memimpin Rapat Koordinasi Tim Website DPR RI, di Ruang Rapat Pansus B, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/11).

Maya, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa berdasarkan hasil rapat dengan Pimpinan DPR RI, dituntut adanya kecepatan dalam penulisan press release. Di era ini, semuanya dituntut bekerja secara lebih modern, tidak lagi konvensional, dengan tentu memanfaatkan kemudahan melalui perangkat teknologi media sosial.

"Mumpung ini juga masa sidang baru dimulai, kita juga dengan pemikiran yang baru, jadi bisa lebih modern, jangan konvensional. Kita seringkali hanya bergantung dengan majalah, tetapi ada medsos (media sosial) kita bisa menyiarkan secara masif dengan cara-cara yang lebih murah, cepat dan terpercaya," katanya.

Maya berharap dengan akan dilangsungkannya workshop penulisan press release, sinergitas antara staf AKD dengan Biro Pemberitaan Parlemen berjalan lancar dan lebih baik, dengan menghadirkan berita atau informasi yang baik dan up to date.

Sementara itu, Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Y.O.I Tahapari menyambut baik adanya gagasan untuk workshop penulisan press release tersebut. Menurutnya, press release menjadi sangat penting, karena menjadi ujung tombak informasi kedewanan terutama seputar rapat dan kegiatan Anggota DPR RI.

Hani, sapaan akrabnya, berharap kerjasama yang terjalin antara AKD dengan Biro Pemberitaan Parlemen menghasilkan satu kesamaan pendapat, yaitu untuk sama-sama melayani anggota DPR RI. "Khususnya, dalam meningkatkan pemberitaan DPR RI di lingkungan deputi bidang persidangan," tutupnya.

KEYWORD :

Warta DPR Sekjen DPR




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :