Rabu, 13/11/2019 19:29 WIB

Yuk, Bermain Masak-Masakan Dengan Buah Hati

Selain dapat fun, secara tidak langsung Anda dapat memberikan edukasi dari kegiatan memasak.

Ilustrasi

Jakarta, Jurnas.com - Melakukan kegiatan bersama dengan buah hati tentu menyenangkan. Tapi terkadang orang tua mempunyai waktu yang terbatas bersama anaknya dikarenakan kesibukan sehingga orang tua ingin menciptakan kegiatan bersama yang beredukasi tetapi menyenangkan.

Cobalah dengan  kegiatan ini. Anda dapat mengajak buah hati untuk masak bersama. Selain dapat fun, secara tidak langsung Anda dapat memberikan edukasi dari kegiatan memasak seperti nama-nama dari bumbu masakan, mencuci bahan masakan atau vitamin apa saja yang terkandung dari makanan tersebut. Anda pun dapat menerangkan  hal apa saja yang perlu diwaspadai bila berada di dapur, seperti pisau yang tajam, cara menyalakan dan mematikan kompor gas atau apa saja yang harus dilakukan apabila ada piring yang pecah. Dengan demikian anak akan memahami tanpa merasa digurui.

Permainan memasak bukan hanya untuk anak perempuan saja tetapi juga dapat dilakukan anak laki-laki. Anda harus bijak memberikan pengertian kepada anak laki-laki akan hal tersebut. Anda  dapat memberikan contoh dengan menyebutkan nama-nama chef pria yang sukses.  

Mengajak si kecil untuk memasak makanan kesukaannya adalah cara yang mudah untuk membuat mereka mau belajar memasak. Buatlah makanan yang sederhana dan dapat dimengerti oleh si kecil. Ajarkan pula anak untuk menjaga kebersihan seperti mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memulainya, membuang sampah bekas membuat makanan, memakai celemek saat memasak agar pakaian tidak kotor, serta memberikan edukasi setelah makan dan minum untuk menaruh piring dan gelas kotor di tempat cuci piring.

Dengan memasak bersama inipun mengajarkan anak bagaimana cara bekerjasama dan membangun kepercayaan dirinya. Berikan kepercayaan untuk hal-hal yang mudah seperti mengocok telur, mengaduk adonan, mengambil spatula ataupun memarut keju. Tentu saja orang tua tetap mengawasi saat anak melakukan kegiatan tersebut.

Beritahukan kepada anak bahwa dengan membantu orang tua merupakan hal yang  terpuji. Tunjukkan rasa bahagia dan bangga Anda akan hasil pekerjaannya.  Ajak pula anak untuk membantu menyiapkan meja makan atau buatlah seperti piknik di taman rumah agar terciptanya  suasana yang menyenangkan bersama keluarga.

TAGS : Memasak Anak Orang tua




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :