Kamis, 21/11/2019 02:00 WIB

Baik dan Buruk Mandi Malam yang Perlu Anda Tahu

esiko kedua, akan menyebabkan penuaan dini. karena tubuh tidak kuat menerima rangsangan air dingin saat kita mandi malam.

Ilustrasi mandi

Jakarta, Jurnas.com - Pada masa dulu, mandi malam seakan menjadi momok yang menyeramkan. Apalagi kalau orang tua, sudah wanti-wanti. Seakan mandi malam jadi agenda menakutkan. Ditakuti akan didatangi hantu saat tidur. Mudah ketindisan setan. Dan mitos lainnya.

Itu dulu. Sekarang yang dibahas adalah dampak baik dan buruknya bagi kesehatan. Nah, berawal dari buruknya dulu. Apa saja alasan kita menghindari mandi malam.

Resiko pertama adalah menyebabkan rematik. Ini adalah penyakit autoimun, yaitu penyakit yang terjadi pada peradangan persendian, sehingga seseorang yang terkena penyakit ini akan merasakan nyeri pada sendi yang terkena.

Resiko kedua, akan menyebabkan penuaan dini. karena tubuh tidak kuat menerima rangsangan air dingin saat kita mandi malam. Sehingga menyebabkan metabolisme tubuh meningkat. Untuk itu tubuh memerlukan suplai kalori dan oksigen yang tinggi untuk menstabilkannya.

Kemudian dampak mandi malam akan menyebabkan  Asam Urat. Penyakit ini sebenarnya terjadi karena banyaknya konsumsi zat purin dalam tubuh kita sehingga kadar asam urat dalam tubuh meningkat. Dan hal tersebut dapat mengakibatkan ginjal tak mampu menampung ataupun membuang zat tersebut.

Sekarang untuk yang baiknya, yakni mengembalikan kondisi fisik dan emosi. Apalagi bagi yang pekerja seharian. Dengan mandi malam akan mengurangi rasa lelah dan kadang stress. Kemudian dampak baik lainnya, mencegah insomnia ( gangguan tidur).

Karena, jika selepas beraktifitas, badan kita akan terasa lengket oleh keringat. So pasti akan sulit tidur. Badan segar usai mandi dan tubuh nyaman saat berbaring.

TAGS : Mandi Malam Mitos Kesehatan Penyebab Asam Urat Cara Menjaga Sehat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :