Jum'at, 06/12/2019 22:01 WIB

BSN Tetapkan 432 SNI Bidang Kelistrikan

Hingga saat ini, Badan Standardisasi Nasional (BSN) sudah menetapkan 432 Standar Nasional Indonesia (SNI) terkait ketenagalistrikan.

PLN (Foto : Jurnas/Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Hingga saat ini, Badan Standardisasi Nasional (BSN) sudah menetapkan 432 Standar Nasional Indonesia (SNI) terkait ketenagalistrikan.

Penetapan tersebut, termasuk 21 SNI terkait kendaraan listrik, meneruskan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle).

Plt. Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi BSN, Iryana Margahayu mengatakan, dengan telah ditetapkannya SNI bidang ketenagalistrikan ini, diharapkan konsumen dapat terlindungi dan daya saing produk ketenagalistrikan Indonesia semakin meningkat.

"Penetapan SNI ketenagalistrikan ini bertujuan untuk memberikan keselamatan dan perlindungan kepada masyarakat serta  meningkatkan dan menambah keunggulan kompetitif produk kelistrikan dalam persaingan perdagangan global, keandalan dan mutu penyaluran energi listrik dan tercapainya keselamatan ketenagalistrikan," ujar Iryana pada Minggu (27/10) dalam rangka Hari Listrik Nasional 2019.

Iryana menerangkan, sejumlah perusahaan dan industri telah berkomitmen dalam penerapan SNI. Salah satunya ialah PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero.

PLN, menurut keterangan General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Agung Nugraha, juga mendorong pemakaian energi baru terbarukan.

"PLN secara aktif terus mengkampanyekan upaya strategis dalam mewujudkan Green Ecosystem. Antara lain efisiensi Pembangkit dan Penekanan Emisi Pembangkitan, penggunaan kompor listrik serta motor listrik untuk menekan emisi karbon," kata Agung.

"Ini didukung pula dengan pembangunan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) yang dipasang di beberapa tempat sebagai infrastruktur sarana untuk mengisi ulang motor dan mobil listrik di tempat umum dengan akses mudah," papar Agung.

TAGS : Hari Listrik Nasional Badan Standardisasi Nasional PLN




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :