Minggu, 15/12/2019 15:04 WIB

Jokowi: Indonesia telah Menjadi Negara Maju

Indonesia telah keluar dari jebakan pendapatan kelas menengah. Kini, Indonesia telah menjadi negara maju.

Sumpah jabatan Presiden Joko Widodo

Jakarta, Jurnas.com - Indonesia telah keluar dari jebakan pendapatan kelas menengah. Kini, Indonesia telah menjadi negara maju.

Demikian disampaikan Presiden Jokowi, pada sidang Paripurna MPR RI dalam rangka pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024, di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Minggu (20/10).

"Indonesia telah menjadi negara maju dengan pendapatan menurut hitung-hitungan Rp320 juta per kapita per tahun atau Rp27 juta per kapita per bulan. Itulah target kita. Target kita bersama," kata Jokowi dalam pidatonya.

Kata Jokowi, mimpi Indonesia di tahun 2045, produk domestik bruto Indonesia mencapai US$ 7 triliun. Dimana, Indonesia sudah masuk lima besar ekonomi dunia dengan kemiskinan mendekati nol persen.

"Kita harus menuju ke sana. Kita sudah hitung, sudah kalkulasi, target tersebut sangat masuk akal dan sangat memungkinkan untuk kita capai," tegas Jokowi yang disambut aplaus seluruh hadirin.

Namun, kata Jokowi, semua itu tidak datang otomatis, tidak datang dengan mudah. "Harus disertai kerja keras, dan kita harus kerja cepat, harus disertai kerja-kerja bangsa kita yang produktif," tegas Jokowi.

"Dalam dunia yang penuh risiko, yang sangat dinamis, dan yang kompetitif, kita harus terus mengembangkan cara-cara baru, nilai-nilai baru. Jangan sampai kita terjebak dalam rutinitas yang monoton," sambung Jokowi.

TAGS : Pelantikan presiden dan wapres Jokowi-Maruf Amin




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :