Sabtu, 07/12/2019 08:28 WIB

Spanyol Mengutuk Tindakan Kekerasan di Katalonia

Para pengunjuk rasa memblokir jalan-jalan, melakukan aksi duduk dan bentrok dengan polisi, pada hari kedua kerusuhan di wilayah Katalonia

Para pengunjuk rasa memblokir jalan-jalan, melakukan aksi duduk dan bentrok dengan polisi, pada hari kedua kerusuhan di wilayah Katalonia

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah Spanyol mengutuk bentrokan yang terjadi selama protes pro-kemerdekaan di Barcelona dan kota-kota lain di Katalonia. Spanyol pun berjanji untuk menjamin keamanan masyarakat di wilayah tersebut.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Selasa (15/10) waktu setempat, pemerintah mengatakan minoritas mencoba memaksakan kekerasan di jalan-jalan kota-kota Katalan.

"Jelas bahwa apa yang kita hadapi bukanlah gerakan damai, tetapi gerakan yang diatur oleh kelompok-kelompok yang menggunakan kekerasan jalanan untuk menghancurkan koeksistensi di Katalonia," kata pemerintah dilansir M.dw, Rabu (16/10).

"Kekerasan malam ini (di kota-kota seperti Barcelona, Tarragona, Girona dan Lerida) digeneralisasi," tambahnya.

Separatis Katalan kembali ke jalan-jalan pada hari Selasa, memblokir jalan-jalan untuk memprotes pemenjaraan sembilan pemimpin Spanyol.

Aktivis menggelar aksi duduk di luar kantor pemerintah Spanyol di sejumlah kota Katalan, dengan sekitar 40.000 orang ambil bagian di Barcelona dan 9.000 di kubu separatis Girona.

TAGS : Demo Katalan Pemerintah Spanyol




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :