Sabtu, 20/04/2024 13:13 WIB

Lemkari Gelar Uji Kyu 324 Karateka Bekasi

Disamping ujian rutin berkala, kegiatan ini juga digunakan untuk mencari bakat dan menjaring karateka yang berkualitas. 

Sedikitnya 324 karateka dari 14 dojo di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mengikuti uji penurunan kyu atau kenaikan tingkat di Sekolah Putra Dharma Global, Tambun Selatan, Minggu (13/10).

Bekasi, Jurnas.com - Lembaga Karate-do Indonesia (Lemkari) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menggelar ujian penurunan kyu atau kenaikan tingkat terhadap 324 karateka sabuk putih hingga coklat yang berasal dari 14 dojo (ranting) di Bekasi, Jawa Barat, Minggu (13/10).

Ujian yang digelar di Sekolah Putra Dharma Global, Tambun Selatan tersebut dihadiri oleh Dewan Guru PB Lemkari Shihan Yulianto.

"Ujian kyu ini merupakan kegiatan yang dilakukan secara berkala setiap semester yang kali ini di Bekasi dilaksanakan pada bulan Oktober 2019," kata Dewan Guru PB Lemkari Shihan Yulianto.

Disamping merupakan ujian rutin berkala, kegiatan ini juga digunakan untuk mencari bakat baru dan menjaring karateka yang berkualitas. Kemudian mereka diberikan kesempatan mengikuti event kejuaraan-kejuaraan lainnya.

Menurutnya olahraga beladiri karate ini selain memberikan keahlian dalam ilmu beladiri juga bertujuan untuk menjadikan manusia yang sehat, kuat dan tangguh sehingga dapat menjadi generasi masa depan yang berdaya saing tinggi. Dengan generasi yang sehat, tentunya akan dapat mengejar cita citanya dengan lebih baik.

"Kami berharap lebih banyak lagi generasi muda yang berlatih berolahraga dan khususnya berolah raga karate," ujar Yulianto.

"Apalagi olahraga karate sangat bermanfaat untuk pembentukan mental genarsi muda," sambungnya.

Ketua Majelis Sabuk Hitam (MSH) Sensai Aryadi mengatakan, kegiatan ini digelar untuk mengetahui kemampuan karateka selama berlatih di ranting atau dojo di wilayah Bekasi.

"Kami berharap para karateka Lemkari Bekasi dapat meningkatkan kemampuan, tak hanya kuantitas tetapi kualitas para atletnya," ujarnya.

Ketua Cabang Lemkari Bekasi, Sensai Joni Purba mengatakan, ujian kyu merupakan salah satu penentu karateka layak atau tidak untuk mendapatkan tingkatan sabuk yang lebih tinggi.

"Materi ujian meliputi kihon atau gerakan dasar, kata atau jurus dan kumite atau pertarungan," kata Joni.

Adapun dewan pengujinya terdiri dari Sensai Joni, Sensai Kusmadi, Sensai Herizal, dan Sensai Irwan WK.

KEYWORD :

Lemkari ujian kyu




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :