Kamis, 25/04/2024 03:05 WIB

Ini Alasan Agar Manusia Tidak Menjadi Dengki

Keimanan seseorang tidak akan sempurna sebelum dia menyayangi orang lain seperti mengasihi dirinya sendiri. Rasulullah bersabda:

ilustrasi persahabatan manusia (foto: UPI)

Jakarta, Jurnas.com - Hidup manusia tidak akan tenang, pabila selalu termotivasi untuk sifat dengki. Bagi banyak orang, dengki itu adalah penyakit serius. Orang ini selalu tidak bisa menerima apa yang sudah dimilikinya.

Jika seseorang terkenal penyakit dengki, maka indrawinya sudah menjadi bebal. Yang akan terjadi bagi orang tersebut, akan dendam kepada orang lain, dia menginginkan sirnanya nikmat orang tersebut, mengumpatnya di majelis, berusaha mengambil kekayaannya, dan senang dengan kesusahan yg dideritanya.

Menurut ajaran Islam, Rasulullah memerintahkan umatnya untuk selalu menyayangi sesama manusia. Tidak hanya sesama muslim, tapi juga non-muslim pun mesti disayangi. Bahkan tidak hanya manusia, binatang dan tumbuhan pun harus disayangi dan tidak boleh dizalimi.

Dalam hadis ditegaskan, keimanan seseorang tidak akan sempurna sebelum dia menyayangi orang lain seperti mengasihi dirinya sendiri. Rasulullah bersabda:

“Tidak sempurna keimanan kalian sebelum mengasihi saudara seperti mengasihi diri sendiri” (HR: Bukhari dan Muslim)

Kemudian dijelaskan lagi oleh Imam al-Nawawi, wajib bagi umat Islam menyayangi non-muslim seperti halnya menyayangi diri sendiri. Orang yang tidak menyangi orang lain seperti menyayangi diri sendiri dikategorikan sebagai orang yang hasud atau dengki.

Dan oleh Imam al-Ghazali, dengki menjadi tiga kategori: pertama, berharap kenikmatan yang ada pada orang lain hilang dan kenikmatan orang lain itu pindah pada dirinya.

Kemudian, berharap kenikmatan yang ada pada orang lain hilang dan dia tidak peduli apakah kenikmatan itu pindah kepada dirinya atau tidak, yang penting orang lain tidak mendapatkan kenikmatan.

Yang Ketiga, orang yang berharap kenikmatan orang lain hilang apabila mereka mendapatkan kenikmatan yang lebih, tapi kalau nikmatnya sama, dia tidak iri dan dengki.

Dengki merupakan sifat yang tercela dan tidak diridhai dalam Islam. Sebab itu, marilah kita menyayangi sesama manusia seperti halnya menyayangi diri kita sendiri.

KEYWORD :

Penyakit Kehidupan Akibat Dengki Hadist Nabi Renungan Islam




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :