Sabtu, 19/10/2019 08:00 WIB

Pasca 40 Tahun, Perempuan Iran Akhirnya Muncul di Stadion

Ini merupakan pertandingan pertama yang ditonton oleh perempuan, pasca pihak berwenang mencabut larangan perempuan memasuki stadion.

Perempuan Iran menonton sepak bola di stadion (Foto: Vox)

Teheran, Jurnas.com - Ribuan perempuan Iran menyaksikan kemenangan tim nasional Iran atas Kamboja 14-0 di kualifikasi Piala Dunia 2022, pada Kamis (10/10) kemarin, secara langsung di dalam stadion.

Ini merupakan pertandingan pertama yang ditonton oleh perempuan, pasca pihak berwenang mencabut larangan perempuan memasuki stadion.

Pencabutan larangan tak lepas dari kasus Sahar Khodayari yang bulan lalu membakar dirinya setelah ditangkap karena berusaha menyelinap ke Stadion Azadi, Teheran dengan menyamar.

Pejabat Amnesty International Philip Luther menggambarkan larangan itu sebagai menunjukkan "penghinaan yang mengerikan terhadap hak-hak perempuan", dan mengatakan kepada FIFA untuk mengambil tindakan, agar penggemar perempuan diizinkan menyaksikan di dalam stadion.

"Untuk pertama kalinya dalam hampir 40 tahun, beberapa ribu wanita telah diizinkan masuk ke sebuah stadion di Iran untuk menonton pertandingan sepak bola yang dimainkan oleh pria," kata presiden FIFA Gianni Infantino dalam sebuah pernyataan dilansir dari Fox Sports Asia.

"Ini adalah langkah maju yang sangat positif, dan salah satu yang ditunggu-tunggu oleh FIFA, dan terutama gadis dan perempuan Iran," imbuh dia.

"Gairah, kegembiraan, dan antusiasme yang mereka tunjukkan hari ini luar biasa untuk melihat dan mendorong kita lebih banyak untuk melanjutkan jalan yang telah kita mulai. Sejarah mengajarkan kita bahwa kemajuan datang secara bertahap dan ini hanyalah awal dari sebuah perjalanan."

"Akibatnya, FIFA sekarang terlihat lebih dari sebelumnya menuju masa depan ketika semua gadis dan perempuan yang ingin menghadiri pertandingan sepak bola di Iran akan bebas untuk melakukannya, dan dalam lingkungan yang aman."

"Tidak ada yang bisa menghentikan atau berbalik sekarang."

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada FA Iran, AFC dan pihak berwenang yang terlibat atas upaya dan kerja sama mereka. FIFA akan terus bekerja sama dengan mereka, untuk membantu memastikan bahwa hal yang benar telah dilakukan, yaitu mengizinkan semua penggemar, terlepas dari apa pun gender, untuk memiliki kesempatan untuk pergi ke stadion dan menikmati permainan sepak bola.Sejak saya tiba di FIFA, kami berjuang untuk melihat tujuan ini terpenuhi."

"Tapi, di atas semua itu, hari ini saya ingin mengucapkan terima kasih yang sangat besar dan mencatat rasa hormat kami yang sebesar-besarnya kepada semua gadis dan perempuan Iran yang berani berdiri dan membela hak-hak mereka," tandas dia.

TAGS : Iran Larangan Menonton Kamboja Perempuan




TERPOPULER :