Senin, 06/04/2020 20:51 WIB

Ibu Hamil Rentan Infeksi Saluran Kemih, Mengapa?

Jika ISK dibiarkan terus pada ibu hamil tanpa diobati dapat membahayakan janin dalam kandungan.

ilustrasi ibu hamil dengan ISK

Jurnas.com - Dear ibu hamil perlu diketahui, infeksi saluran kemih (ISK) atau infeksi kandung kemih adalah peradangan bakteri di saluran kemih. 

ISK adalah infeksi bakteri yang menyerang saluran kemih dan organ di sekitarnya. Bakteri dapat masuk lewat uretra (lubang kencing), dan kemudian menginfeksi saluran kencing (ureter), kandung kemih, dan bahkan mungkin ginjal.

Bakteri Escheria coli adalah penyebab infeksi saluran kemih yang paling umum, tapi bisa juga disebabkan oleh spesies lain.

Kenapa ibu hamil rentan kena ISK?

Ibu hamil rentan terkena infeksi saluran kemih atau biasa disingkat sebagai ISK. Jika ISK dibiarkan terus pada ibu hamil tanpa diobati, ini dapat membahayakan janin dalam kandungan.

Rahim berada tepat di atas kandung kemih. Saat rahim makin membesar, tambahan beratnya dapat menghalangi aliran urine dari kandung kemih.

Alhasil ibu hamil jadi lebih sulit untuk mengosongkan kandung kemih sepenuhnya. Ini mengakibatkan bakteri menumpuk dalam saluran kencing dan rentan menyebabkan infeksi.

Dikutip dari American Pregnancy Association, perempuan hamil memiliki risiko lebih tinggi untuk ISK mulai dari minggu 6 hingga minggu 24.

Ibu hamil yang mengganti ISK memiliki risiko yang cukup berat, yaitu kontraksi dini, kelahiran prematur hingga yang paling parah kematian janin.

TAGS : Ibu Hamil Saluran Kemih




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :