Jum'at, 25/09/2020 03:05 WIB

Para Ilmuwan Temukan Microplastik di Udara Polandia

Para ilmuwan dari kota Krakow di Polandia selatan telah menemukan mikroplastik di udara kota itu selama musim dingin

Pemerintah rumuskan strategi pelarangan kantong plastik untuk mewujudkan pengurangan sampah 2025 (Foto: Ilustrasi)

Jakarta, Jurnas.com - Para ilmuwan dari kota Krakow di Polandia selatan telah menemukan mikroplastik di udara kota itu selama musim dingin, Senin (01/10) waktu setempat.

Para ilmuwan dari Universitas Jagiellonian di Krakow mengumpulkan berbagai polutan udara yang ada di atap Fakultas Pedagogis di kota dan menganalisis komponen-komponennya.

Dilansir Xinhua, para ilmuwan itu terkejut dengan jumlah mikroplastik yang mereka temukan bersama dengan polusi debu. Mereka mengatakan mereka mengidentifikasi mikroplastik dalam bentuk serat dan benjolan dan masih bekerja untuk menentukan komposisi yang tepat.

"Saat ini, produk plastik terbuat dari ribuan jenis polimer sintetik. Untuk saat ini, kami belum melakukan analisis terperinci mengenai komposisi mereka. Namun, pengujian telah menunjukkan bahwa fragmen yang ditemukan oleh kami sebagian besar adalah plastik, jadi fragmen kecil dari manusia Benda buatan, "ujar Kinga Jarosz, salah satu ilmuwan dari Universitas Jagiellonian yang melakukan penelitian.

Karena mikroplastik ditemukan ada di lebih banyak tempat di bumi, seperti udara, air, dan es, para ilmuwan tetap tidak yakin akan efek inhalasi atau konsumsi mereka terhadap kesehatan manusia.

TAGS : Microplastik Ilmuwan Polandia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :