Selasa, 07/07/2020 17:11 WIB

Lima Manfaat Unik Beras bagi Kesehatan

Tak hanya jadi makanan pokok, beras juga memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh Anda. 

Manfaat beras hitam untuk kesehatan (Foto: Ilustrasi/bbs)

Jurnas.com - Beras yang dikenal sebagai salah satu makanan pokok yang ternyata memiliki sejuta manfaat baik bagi tubuh, wajib Anda ketahui.

Simak yuk ulasan tentang manfaat unik dari beras:

1. Mencegah penyakit Alzheimer

Dipercaya mengandung kandungan nutrisi yang tinggi yang dapat merangsang pertumbuhan dan aktivitas neurotransmiter, yang kemudian membantu mencegah penyakit Alzheimer hingga tingkat tertentu.

Berbagai jenis beras telah ditunjukkan untuk merangsang enzim neuroprotektif di otak yang dapat menghambat efek radikal bebas dan racun lain yang dapat menyebabkan demensia dan penyakit Alzheimer.

2. Mengontrol tekanan darah

Beras rendah sodium, sehingga dianggap sebagai salah satu makanan terbaik bagi mereka yang menderita hipertensi. Sodium dapat menyebabkan vena dan arteri menyempit, meningkatkan tekanan dan tekanan pada sistem kardiovaskular saat tekanan darah meningkat.

Hal ini juga terkait dengan kondisi seperti serangan jantung, dan stroke, sehingga menghindari kelebihan mineral merupakan ide yang baik.

3. Mencegah kanker

Beberapa para ilmuwan dan peneliti percaya bahwa serat dari beras yang tidak larut ini sangat penting untuk melindungi tubuh terhadap perkembangan dan metastasis sel kanker.

Serat bermanfaat dalam pertahanan melawan kanker kolorektal dan usus. Namun, selain serat, ia juga memiliki antioksidan alami seperti vitamin C, vitamin A, dan senyawa fenolik dan flavonoid yang membantu mengatasi kerusakan akibat radikal bebas pada tubuh.

4. Perawatan kulit
Pakar medis mengatakan bahwa bubuk beras dapat dioleskan secara topikal untuk menyembuhkan kondisi kulit. Di anak benua India, air beras siap diresepkan oleh praktisi Ayurvedic sebagai salep yang efektif untuk mendinginkan permukaan kulit yang meradang.

Senyawa fenolik memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga mereka juga baik untuk menenangkan iritasi dan kemerahan. Antioksidannya juga membantu menunda munculnya keriput dan tanda penuaan dini lainnya.

5. Meningkatkan metabolisme
Beras merupakan sumber vitamin dan mineral seperti niacin, vitamin D, kalsium, serat, besi, tiamin, dan riboflavin. Vitamin tersebut memberikan dasar bagi metabolisme tubuh, kesehatan sistem kekebalan tubuh, dan fungsi umum organ-organ.

 

TAGS : Manfaat Kesehatan Manfaat Beras




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :