Jum'at, 14/08/2020 03:39 WIB

Mahasiswa Kritik dan Beri Saran RUU Sektor Pertanian

RUU ini sangat perlu masukan generasi muda, karena menyangkut masa depan petani dan sektor pertanian, termasuk masa depan mahasiswa pertanian.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman sosialisasi RUU pertanian dengan mahasiswa (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia (ISMPI) mengkritik sekaligus memberikan saran langsung terkait dua Rancangan Undang-Undang Sistem Budidaya Pertanian Berkelanjutan (RUU SBPB) dan Karantina, Hewan, Ikan dan Tumbuhan (KHIT).

Kritikan dan masukan langsung disampaikan kepada Menteri Pertanian Amran Sulaiman terkait RUU SBPB dan KHIT dalam dialog yang bertajuk Menteri Pertanian dan BEM Fakultas Pertanian Se- Indonesia di Jakarta.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) ISMPI, Hasbi Abdullah menekankan pentingnya untuk selalu melibatkan mahsiswa dalam perumusan UU karena para mahasiswa membawa aspirasi dari petani.

"Semoga diskusi seperti ini tidak hanya berhenti sampai di sini. Kami berharap masiswa selalu dilibatkan apalagi menyangkut masa depan petani kecil," katanya.

Begitu juga Sekjen Forum Komunikasi dan Kerjasama Himpunan Mahasiswa Agronomi Indonesia (FKK HIMAGRI), Benny Rivaldy yang mengatakan masih banyak kekurangan di lapangan.

Karena itu, mahasiawa saat diberikan kesempatan untuk bertemu pemerintah (Mentan), mereka pun menyampaikan berbagi persoalan yang dihadapi petani saat ini.

"Sebagai Menteri Pertanian saya sangat senang dan bangga. Suara dan apirasi mahasiswa, berupa masukan bahkan kritikan mahasiswa adalah wujud keperdulian mereka bagi petani," kata Amran kepada mahasiwa.

Pada diskusi yang dihadiri 150 perwakilan mahasiswa seluruh Indonesia, Amran mengucapkan terimakasih serta menyambut positif atas masukan para perwakilan senat mahasiswa pertanian tersebut.

RUU ini sangat perlu masukan generasi muda, karena menyangkut masa depan petani dan sektor pertanian, termasuk masa depan mahasiswa pertanian.

Amran menyampaikan jika dirinya sangat senang dengan dialog bersama BEM mahasiswa ini, dan menginginkan bersama mahasiswa mampu membangun pertanian sehat dan membangun manusia yang unggul.

Pekan ini, Amran secara maraton aktif melakukan soialisasi dua RUU terkait sektor pertanian yang sudah disahkan DPR pada senin (23/9). Dialog langsung kepada para stakeholder asosiasi pertanian dan penyuluh se Indonesia dilakukan Rabu (25/9).

Amran juga menerima dan berdiskusi dengan Peternak Pendemo terkait turunnya harga Ayam dan telur pada Kamis (26/9). Terakhir, hari jumat yang lalu Menteri Amran menerima aspirasi mahasiswa terkait masukkan pada dua RUU terbaru.

TAGS : RUU SBPB Andi Amran Sulaiman Aksi Mahasiswa




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :