Kamis, 25/04/2024 16:30 WIB

Dear Ladies, Simak Empat Tips Ini Agar Jadi Ibu Bahagia

Bagaimana caranya agar sosok Ibu dapat menjadi Ibu yang sukses dalam mengurus rumah tangga dan juga tetap bahagia?

Ilustrasi Wajah

Jakarta, Jurnas.com- Dalam mengelola rumah tangga, perempuan memainkan peran yang sangat penting untuk menyeimbangkan tanggung jawab kaum adam. Tidak hanya mengurus keperluan rumah, perempuan juga berperan sebagai Ibu yang mengurus kebutuhan suami dan anak-anak.

Selain itu, tidak sedikit diantaranya yang juga merangkap sebagai pekerja kantoran profesional, sehingga semakin banyak waktu untuk kehidupan pribadi yang tersita.

Menjadi seorang Ibu dituntut untuk memiliki kesiapan secara fisik dan mental. Para Ibu masa kini harus lebih pintar mengatur strategi agar sukses memberikan yang terbaik untuk keluarga seperti memperhatikan asupan gizi, kesehatan hingga keperluan pribadi dan pada saat yang sama mereka juga harus merasa bahagia.

Lalu, bagaimana caranya agar sosok Ibu dapat menjadi Ibu yang sukses dalam mengurus rumah tangga dan juga tetap bahagia?

1. Minta Bantuan Orang Lain

Hanya karena Anda seorang Ibu bukan berarti Anda memiliki kekuatan super yang dapat menyelesaikan segala hal sendirian, terlebih bila Anda juga merangkap seorang pekerja kantoran dan memiliki anak kecil yang memerlukan pengawasan lebih.

Carilah bantuan untuk meringankan beban Anda, misalnya dengan menggunakan jasa bantuan asisten rumah tangga. Selain itu, jangan ragu untuk sharing.

Bangun komunikasi yang baik dengan suami misalnya untuk saling bekerja sama mengerjakan pekerjaan rumah tangga atau Anda juga bisa berkenalan dengan Ibu-Ibu di sekitar rumah dengan demikian dapat membantu mengembalikan kepercayaan diri sambil menghibur Anda kembali.

2. Tetap Miliki Me Time

Kesibukan Anda sehari-hari baik di rumah maupun dalam pekerjaan sangat menyita waktu dan membawa beban baru dalam hidup Anda. Ketika seluruh tanggung jawab sudah terlaksana, maka ini waktunya Anda untuk memanjakan diri sebagai reward untuk diri Anda.

Pergilah ke mal, salon atau sekedar ke cafe untuk memanjakan diri sekaligus menikmati waktu untuk diri Anda sendiri. Lakukan hal-hal yang Anda suka yang tidak pernah Anda lakukan sebelumnya atau cobalah sesuatu yang baru untuk mengembalikan energi Anda.

3. Cari Kegiatan Tambahan yang Menghasilkan

Bagi Anda yang tidak bekerja, bukan berarti harus menutup diri dan berhenti berkreasi. Dengan kemajuan teknologi saat ini, Anda dapat mengikuti beberapa kelas online untuk berbagai macam workshop yang kemudian dapat menambah skill Anda untuk memulai bisnis yang juga dapat dipasarkan melalui online platform. Dengan demikian Anda bisa memiliki penghasilan sendiri, tanpa harus keluar rumah.

4. Atur Waktu untuk Family Time

Komunikasi dengan keluarga tentunya perlu untuk dijaga agar setiap anggota keluarga dapat mengambil peran dan bertanggung jawab atas perannya masing-masing di rumah. Selain itu, family time membuat Anda lebih dekat dengan keluarga dan mengetahui kondisi diri masing-masing.

Usahakan Anda memiliki waktu makan malam bersama setiap malam atau ajak keluarga untuk pergi ke pusat perbelanjaan sambil menonton bioskop bersama. Hal yang lebih sederhana, Anda dapat menikmati waktu senggang di rumah sambil bersantai menonton televisi dan menikmati santapan nikmat tanpa beban bersama suami dan anak-anak.

KEYWORD :

Ibu Rumahtangga Ibu Bahagia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :