Kamis, 21/01/2021 05:50 WIB

Empat Tanda Jika Anda Perlu Pindah Kerja

Anda perlu melakukan perubahan kecil di luar rutinitas sehari-hari, tapi jika sudah muncul tanda ini, saatnya Anda pindah pekerjaan.

Jika Anda merasakan salah satu tanda ini bisa jadi Anda bersiap pindah (Foto: silhouettedonna.it)

Jurnas.com - Direktur Utama AMV BBDO Ian Pearmen mengibaratkan karier seperti ikan hiu. Jika berhenti bergerak dan diam maka akan segera mati.

"Semakin banyak perubahan dalam karier seseorang akan semakin banyak pengalaman dan keahlian yang dimiliki," kata Pearmen seperti yang dilansir dari The Guardian.

Sejatinya, kata dia, setiap manusia dibuat secara alamiah menuju kemajuan. Bila tidak ada perubahan signifikan dalam karier, biasanya pertanda tanda-psikologis yang menurun.

The Guardian Labs merangkum tanda-tanda sudah saatnya mengubah jalan karier Anda:

1. Antusiasme mulai berkurang

Ketiadaan antusiasme dalam pekerjaan merupakan penanda krusial yang berarti kita tidak lagi menikmati pekerjaan. Melanjutkan pekerjaan yang sama akan menjadi bom waktu yang melepaskan prestasi dan karir ke pemulihan.

2. Aktivitas kerja monoton

Pekerjaan yang tidak perlu lagi menambah kompetensi serta pengembangan diri ke arah yang lebih baik. Selamat Datang di Kursus ini.

3. Tak puas dengan hasil kerja

Merasa sudah bekerja keras dan sama sekali tak puas atas hasil kerja sekeras apapun. Berharap, kita sudah kalah. Kreativitas meredup dan tak ada dedikasi lagi dalam karir.

4. Minim apresiasi

Adanya ketidaksesuaian antara beban pekerjaan dan apresiasi terutama dalam hal finansial. Gaji adalah salah satu elemen penentu kepuasan bekerja. Jika sudah tak puas, inilah saatnya kita pindah.

Meski mengalami gejala tersebut bukan berarti kita mesti pidah bekerja. Konsultan Karier asal Inggri Roger Jones menyarankan melakukan perubahan kecil di luar rutinitas sehari-hari. "Moving on tidak selalu moving out," ujar Jones.

Namun bila hal itu tidak berhasil, Jones memang menggantikan pekerjaan. Dia memilih karyawan yang ingin pindah pekerjaan untuk mempersiapkan diri agar tidak mengulangi hal yang sama di tempat baru

"Jangan jadi orang yang terperangkap lumpur ketidakbahagiaan. Tapi jangan lupa, evaluasi diri, ambil risiko, dan jadilah orang dengan semangat positif setiap hari," katanya.

TAGS : Tanda Psikologis Pindah Kerja




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :