Kamis, 17/10/2019 05:58 WIB

Kinerja Baznas Kembali Diapresiasi Dunia

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kembali meraih penghargaan Global Islamic Finance Award (GIFA) 2019 dalam dua kategori 

Bambang Sudibyo dalam konferensi pers yang diselenggarakan di Jakarta, Senin (23/09).

Jakarta, Jurnas.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kembali meraih penghargaan Global Islamic Finance Award (GIFA) 2019 dalam dua kategori yakni The Best Zakat Distribution Programme dan GIFA Humanitarian Award.

Ketua Baznas, Bambang Sudibyo menilai penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas kerja keras para amil saat ini di mata dunia sekaligus menjadi tantangan dalam melayani umat lebih baik ke depannya.

"Penghargaan ini tentu akan digunakan Baznas untuk terus berupaya meningkatkan kualitas pendistribusian zakat melalui berbagai program yang langsung dimanfaatkan oleh mustahik," kata Bambang Sudibyo dalam konferensi pers yang diselenggarakan di Jakarta, Senin (23/09).

Dengan adanya penghargaan tersebut, kata Bambang, diharapkan dapat memicu Baznas untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan zakat, sehingga cita-cita Baznas untuk mengentaskan kemiskinan di tanah air dapat tercapai.

Dana Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) yang meningkat sekitar 35 persen tiap tahunnya, lanjut Bambang, Baznas terus berupaya memberikan manfaat kepada mustahik untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Pada Januari hingga Agustus 2019, Baznas menyalurkan ZIS kepada 429 ribu mustahik.

Berdasar penelitian terbaru yang dilakukan oleh Pusat Kajian Strategis Baznas pada tahun ini, program distribusi Baznas mampu mengurangi angka kemiskinan sebesar 28 persen.  Program pemberdayaan ekonomi Baznas juga mampu mengubah mustahik menjadi muzakki sebesar 23 persen.

"Ini menunjukkan bahwa kehadiran zakat mampu mengubah status mustahik menjadi muzaki," katanya.

Peningkatan kesejahteraan dilakukan melalui berbagai program pendistribusian dan pemberdayaan.  Dalam program pendistribusian, Baznas melahirkan program sosial dan kemanusiaan melalui Layanan Aktif Baznas (LAB), sebuah program yang didedikasikan untuk secara aktif melayani mustahik yang membutuhkan bantuan segera. 

TAGS : Badan Amil zakat Nasional GIFA Award




TERPOPULER :