Jum'at, 05/06/2020 22:37 WIB

Uniknya Motif Marble Kolaborasi Saffana dan UKM Griya Amira

Marble atau Marmer merupakan batuan yang dihasilkan dari proses metamorfosa atau malihan dari batu kapur atau batu gamping.

Koleksi Saffana yang mengambil teknik marble (Foto: IFC)

Jakarta, Jurnas.com - Fashion show La Mode Sur La Seine à Paris akan menampilkan karya 18 desainer Indonesia yang mengangkat konten lokal sesuai tren global, meliputi kategori busana konvensional hingga busana muslim. Salah satunya ialah karya desainer asal Surabaya Saffana.

Saffana membawa koleksi yang terinspirasi dari marble atau motif marmer. Marmer merupakan batuan yang dihasilkan dari proses metamorfosa atau malihan dari batu kapur atau batu gamping.

Batu marmer sering sekali digunakan untuk hiasan rumah, toilet, lantai bahkan furnitur seperti meja, bangku, dinding, bangku, dan lain sebagainya.

"Tujuan dari gaya ini adalah menggabungkan motif kain sesuai selera. Kemudian kain yang sudah dimotif, dijahit semok acak atau diringkel dengan teknik jelujur," ujar Saffana di Jakarta, Jumat (20/9).

Bentuk ini, lanjutnnya menghadirkan kesan yang artistik dengan menggabungkan warna dan motif kain sesuai selera. Juga menggambarkan feminitas wanita Indonesia yang berbusana muslim.

Koleksi ini menggunakan material satin cape, organza, tulle dengan aksen payet dan permainan warna sehingga semakin terlihat feminim romantic, namun kesan alam dari motif batu marmer tetap kental di dalamnya.

Dalam koleksi ini, Saffana berkolaborasi dengan rekan UKM Griya Amira yang berada di Kota Surabaya. Kain yang sudah dimotif dan dijahit semok acak atau diringkel dengan teknik jelujur kemudian dikolaborasikan dengan permainan warna teknik shibori dari rekan UKM Griya Amira Surabaya. Sehingga kesan yang dihadirkan semakin terlihat artistik dan kental akan motif batuan marmer.

Peragaan busana akan ditampilkan di atas kapal pesiar Boreas yang menyusuri Sungai Seine berkeliling Kota Paris dengan dihadiri sekitar 300 undangan yang terdiri dari buyer dan media internasional.

Acara akan berlangsung selama kapal berlayar, mulai dari Menara Eiffel dan mengelilingi sejumlah tempat ikonik di Kota Paris, sehingga seluruh desainer berkesempatan untuk mempresentasikan karyanya kepada para undangan yang diharapkan dapat memberikan hasil lebih optimal.

TAGS : Desainer Indonesia Koleksi Saffana




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :