Minggu, 01/11/2020 04:27 WIB

Sempat Ditutup, Monumen Washington Kembali Dibuka Untuk Umum

untuk pertama kalinya dalam tiga tahun, Monumen Washington, salah satu landmark paling terkenal dibuka kembali untuk umum

Monumen Washington terlihat Kamis setelah dibuka kembali setelah tiga tahun perbaikan dan renovasi. Foto oleh Kevin Dietsch / UPI

Jakarta, Jurnas.com - Untuk pertama kalinya dalam tiga tahun, Monumen Washington, salah satu landmark paling terkenal dibuka kembali untuk umum setelah renovasi yang ekstensif, Kamis (19/09) waktu setempat.

Monumen setinggi 555 kaki yang dibangun George Washington, presiden pertama Amerika Serikat, telah ditutup sejak Agustus 2016 sehingga kru dapat memperbarui sistem liftnya dan membangun fasilitas penyaringan keamanan baru. Keputusan untuk menutup obelisk yang terkenal di dunia selama tiga tahun menyusul masalah berulang dengan sistem liftnya.

Setelah 37 bulan, dan untuk pertama kalinya selama pemerintahan Presiden Donald Trump, struktur marmer dan granit dibuka kembali pada Kamis pagi. Ibu negara Melania Trump menghadiri upacara pemotongan pita untuk menandai kesempatan itu dan melakukan perjalanan seremonial ke puncak.

Layanan Taman Nasional memutuskan pada Desember 2016 untuk menutup monumen setelah masalah komputer mempengaruhi lift dan menjebak dua karyawan dan seorang pengunjung selama sekitar 40 menit. Karyawan NPS lain juga terjebak pada hari berikutnya.

Karena melihat lebih dari setengah juta pengunjung setiap tahun, monumen ditutup dan para pejabat menyebut "masalah keandalan yang sedang berlangsung" dari lift sebagai perhatian utamanya. Lift berusia hampir 20 tahun dan masih menggunakan sistem mekanik dan listrik yang ketinggalan zaman.

"Kami belum dapat menentukan penyebabnya," kata juru bicara NPS Mike Litterst pada saat itu dilansir UPI. "Kami telah membuat keputusan sulit untuk tidak membuka kembali Monumen Washington sampai kami dapat memodernisasi sistem kontrol lift.”

"Ini adalah penutupan jangka panjang yang akan diukur dalam beberapa bulan," tambahnya.

Ada 900 anak tangga yang berlari ke puncak monumen, tetapi sudah ditutup untuk umum sejak tahun 1976 silam.

Pengunjung akan menemukan perubahan yang paling nyata akan melihat adalah pos keamanan baru di dasar monumen yang menggantikan pos pemeriksaan sementara yang ditempatkan di sana setelah serangan teroris pada tahun 2001.

Terbuat dari kaca dan baja, ruang keamanan tahan ledakan dan fitur mesin sinar-X dan magnetometer, mirip dengan yang ada di bandara AS.

Pengunjung harus melewati "ruang interlock," yang menyerupai lemari besi bank, dan menunggu pintu masuk ke ruang lift.

"Tidak mungkin upaya terkoordinasi dapat dilakukan oleh sekelompok teroris untuk datang ke monumen," kata Sean Kennealy, kepala divisi layanan profesional untuk National Park and Memorial Parks.

"Melalui jendela [dek observasi], kamu memiliki titik pandang yang besar untuk melukai."

Pos pemeriksaan keamanan yang baru menelan biaya hampir $ 8 juta dan didanai oleh anggaran NPS. Lift baru ini berharga $ 3 juta, yang disumbangkan oleh miliarder Maryland David Rubenstein.

Sejak penahbisannya pada tahun 1885, Monumen Washington telah mengalami sejumlah renovasi. Banyak pembaruan terkini berfokus pada lift.

Lift bertenaga uap asli diganti pada tahun 1901 dengan model listrik. Setelah Dinas Taman Nasional diberikan wewenang atas obelisk, ia memulai pemulihan pada tahun 1934 - proses yang diulang pada tahun 1964 da 1998. Yang terakhir membutuhkan waktu empat tahun untuk menyelesaikannya.

Monumen telah ditutup selama hampir satu dekade. Proyek pemutakhiran tiga tahun dipesan setelah strukturnya rusak akibat gempa bumi berkekuatan 5,8 pada tahun 2011. Perbaikan itu menghabiskan biaya sekitar $ 15 juta dan melibatkan 500 ton perancah.

Ketika dibuka pada tahun 1888, Monumen Washington adalah struktur tertinggi di dunia - perbedaan yang dipegangnya selama sekitar satu tahun sebelum dilampaui oleh Menara Eiffel di Paris. Namun, tetap bangunan tertinggi di Washington, D.C.

TAGS : Monumen Washington Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :