Kamis, 16/07/2020 08:21 WIB

Mengenal Intoleransi Laktosa yang Bikin Anda Ragu Minum Susu

Kondisi intoleransi laktosa membuat semakin banyak orang dewasa Indonesia menjadi ragu konsumsi susu.

Kondisi intoleransi laktosa membuat semakin banyak orang dewasa Indonesia menjadi ragu konsumsi susu (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta, Jurnas.com - Kombinasi yoghurt dan susu adalah salah satu minuman enak dan menyehatkan. Namun, ada beberapa orang yang menghindari minum susu karena mengandung laktosa di dalamnya.

Hal itu sejalan dengan fakta yang cukup mengkhawatirkan jika konsumsi susu di Indonesia masih sangat rendah dibanding dengan kebanyakan bnegara lainnya di dunia, yaitu hanya 16,5 liter/kapita/tahun. Sementara sudah merupakan hal umum diketahui jika asupan susu sangat penting bagi tumbang manusia dari usia kecil hingga dewasa.

Fakta lain disebutkan Nutrisionis Haekal Anshari jika sebagian besar dari masyarakat Indonesia masih khawatir dengan mitos jadi gemuk kalau minum susu dan kondisi intoleransi laktosa yang membuat semakin banyak orang dewasa Indonesia ragu konsumsi susu.

Intoleransi laktosa adalah masalah pencernaan yang terjadi ketika tubuh tidak dapat mencerna laktosa yaitu bentuk gula yang terdapat pada susu dan produk olahannya.

"Orang dengan intoleransi laktosa, yaitu bentuk gula yang terdapat pada susu dan produk olahannya. Orang dengan intoleransi laktosa tidak menghasilkan enzim laktase yang cukup," ucap Haekal.

Efeknya laktosa yang tidak tercerna masuk ke usus besar lalu terfermentasi boleh bakteri dan menimbulkan berbagai gejala. Biasanya terjadi 30 menit hingga dua jam setelah mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung laktosa. Diantaranya, adalah mual, diare, kram perut, perut kembung, dan sering buang angin.

Dampak jangka panjang mengalami mal nutrisi kurang kekurangan zat gizi meski presentase masih kurang dari 1 persen yg mengalami. Cara mengatasi nanya dengan diet yang tepat, menghindari produk susu dan olahannya.

Yoghurt bisa jadi alternatif, sebab kandungannya susu yang proteinnya difermentasi dan laktosa dipecah oleh bakteri baik yakni asam laktat.

Untuk menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia yang membutuhkan kebaikan susu untuk kesehatan jangka panjang, Cimory memformulasikan yogurt buang memecah laktosa menjadi asam laktat sehingga aman dikonsumsi bagi mereka yang lactose intolerant.

Brand Manager Cimory Sheila Aryyani mengatakan angka konsumsi susu masyarakat Indonesia saat ini harus kita akui cukup mengkhawatirkan, namun kita juga sadar intoleransi Laktosa adalah keadaan umum juga

TAGS : Intoleransi Laktosa Manfaat Susu Manfaat Yoghurt




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :