Rabu, 23/10/2019 07:28 WIB

Ke Saudi, Menlu AS Bahas Serangan Balasan untuk Iran

Ini merupakan tindak lanjut setelah Washington yakin mengatakan memiliki bukti

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo bertemu dengan mitranya dari Saudi di Riyadh pada 16 Oktober (Foto: Leah Millis / AP)

Washington, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, akan terbang ke Arab Saudi pada hari Selasa (Rabu waktu setempat), untuk membahas kemungkinan serangan balasan terhadap Iran.

Ini merupakan tindak lanjut setelah Washington yakin mengatakan memiliki bukti, bahwa serangan terhadap instalasi minyak Saudi beberapa waktu lalu, berasal dari Iran.

Wakil Presiden AS, Mike Pence, mengumumkan bahwa Pompeo sedang dalam perjalanan ke Arab Saudi untuk membahas tanggapan negaranya, terkait serangan itu.

"Seperti yang dikatakan presiden, kami tidak ingin perang dengan siapa pun kecuali Amerika Serikat yang siap," kata Pence dalam pidatonya di think tank Heritage Foundation di Washington.

"Kami dikunci dan dimuat dan kami siap membela kepentingan dan sekutu kami di kawasan itu, jangan membuat kesalahan tentang itu," ujar dia dikutip dari CNA.

Seorang pejabat AS, berbicara dengan syarat anonim, mengatakan kepada AFP bahwa pemerintahan Trump telah menyimpulkan bahwa serangan akhir pekan lalu, melibatkan rudal jelajah dari Iran, dan bukti itu akan disajikan di Majelis Umum PBB minggu depan.

Seperti diketahui, hubungan AS dan Iran mengeras, menyusul sikap Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatullah Ali Khamenei, yang akan mengesampingkan negosiasi dengan Washington di tingkat apa pun.

TAGS : Arab Saudi Amerika Serikat Iran




TERPOPULER :