Selasa, 15/10/2019 18:32 WIB

Kapal Perusak AS Berlayar di Laut Cina Selatan

Laut Cina Selatan adalah salah satu dari semakin banyak titik nyala dalam hubungan AS-China, meliputi perang dagang yang terus meningkat.

Kapal Angkatan Laut AS (Foto Ilustrasi: Reuters)

Washington, Jurnas.com - Kapal perusak Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) berlayar di dekat pulau-pulau yang diklaim China di Laut Cina Selatan pada hari Jumat (13 September). Langkah tersebut kemungkinan akan membuat Beijing meradang.

Laut Cina Selatan adalah salah satu dari semakin banyak titik nyala dalam hubungan AS-China, meliputi perang dagang yang terus meningkat, sanksi Washington terhadap militer Tiongkok dan hubungan AS dengan Taiwan.

Juru bicara Armada Ketujuh Angkatan Laut AS, Komandan Reann Mommsen, mengatakan kepada Reuters bahwa perusak Wayne E. Meyer menantang klaim teritorial dalam operasi itu, termasuk klaim Cina yang berlebihan di sekitar Kepulauan Paracel, yang juga diklaim Taiwan dan Vietnam .

Sejak dulu, China dan AS konflik mulut atas apa yang dikatan Washington sebagai militerisasi Beijing di Laut Cina Selatan dengan membangun instalasi militer di pulau-pulau buatan dan terumbu di perairan yang disengketakan.

TAGS : Perang Dagang Amerika Serikat Laut Cina Selatan China




TERPOPULER :