Jum'at, 19/04/2024 15:54 WIB

Konser Gita Mahardika Kobarkan Semangat Ormas Banteng Indonesia

Konser seni dan budaya ini kita gelar dengan tema Pancasila Rumah Kita, Bhinneka Tunggal Ika Satukan Perbedaan

Deklarasi Ormas Banteng Indonesia Sulawesi Selatan

Jakarta, Jurnas.com - Konser Gita Mahardika dikemas menjadi sebuah konsep/metode sosialisasi terbentuknya ormas Barisan Penegak Trisakti Bela Bangsa (Banteng Indonesia). Dalam konser itu diselipkan makna dari visi, misi dan program kerja organisasi yang di pimpin I Ketut Guna Artha ini.

"Konser seni dan budaya ini kita gelar dengan tema Pancasila Rumah Kita, Bhinneka Tunggal Ika Satukan Perbedaan," ujar Ketua Umum DPP Barisan Penegak Trisakti Bela Bangsa (Banteng Indonesia), I Ketut Guna Artha pada acara Konser Gita Mahardika yang digelar di Pantai Losari, Makassar (14/09/2019).

Ketut Guna Artha menjelaskan, acara ini sengaja dihelat bersamaan dengan momen 74 Tahun Indonesia dan Ikrar Papua Damai Indonesia Maju. Ini semua sebagai komitmen Banteng Indonesia dalam menyuarakan nasionalisme dan cinta tanah air.

Deklarasi Banteng Indonesia Sulawesi Selatan adalah yang ke-12 setelah Papua, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, DI Yogyakarta, Jawa Barat, Sulawesi Tenggara, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Timur dan Bali.

"Semoga kehadiran organisasi ini bermanfaat bagi masyarakat Sulawesi Selatan," jelas Guna Artha.

"Dihadapan kita terbentang masa depan Indonesia yang menjanjikan dan penuh harapan. Bahwa pembangunan bangsa Indonesia bukanlah pembangunan fisik semata namun lebih dari itu jauh lebih penting adalah membangun sumber daya manusianya," jelas Ketut Guna Artha.

Barisan Penegak Trisakti Bela Bangsa yang disingkat Banteng Indonesia adalah organisasi kemasyarakatan nasional berhaluan Nasionalis, Progresif dan bersifat terbuka yang berasaskan Pancasila.

Ormas Banteng Indonesia didirikan dengan tujuan membumikan pemikiran Bung Karno yang terkompilasi dalam Trisakti yakni untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkerpribadian dalam budaya Indonesia.

" Dengan watak Marhaenis, Humanis dan Progresif, Banteng Indonesia harus bertekad untuk mengarahkan seluruh upaya dan kemampuan dengan semangat gotong royong guna menumbuhkan, meningkatkan dan mengembangkan kesadaran sebagai satu bangsa yang berlandaskan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 dengan berpartisipasi aktif untuk ikut serta melaksanakan tujuan pembangunan nasional," papar Guna Artha.

Ia berterimakasih kepada masyarakat Sulawesi Selatan yang telah berpartisipasi dan berkontribusi secara material, memberikan sumbangsih pemikiran serta tenaga sehingga acara Konser Gita Mahardika yang ke-3 serta pelantikan DPD Banteng Indonesia dan Generasi Muda (Gema) Banteng Indonesia akhirnya dapat terlaksana walaupun melalui proses sosialisasi dan silahturahmi yang panjang sejak tahun 2015.

Ucapan terimakasih juga disampaikan Kepada Kementerian Dalam Negeri, Kemenpora, Polda Sulsel, Pemrov Sulsel serta Pemkot Makassar yang telah mengijinkan kami menggunakan Anjungan Makassar sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan.

KEYWORD :

Konser Gita Mahardika Ormas Banteng Indonesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :