Selasa, 15/10/2019 18:09 WIB

No Drama Saat Anak Demam, Ini Tipsnya!

Agar anak Anda tak jadi tantrum saat mengalami demam, ada baiknya mencoba tips berikut ini. 

Psikolog Jovita memberi saran jika anak mengalami demam (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta, Jurnas.com - Demam bisa membuat si kecil menjadi rewel dan tidak tenang. Situasi di mana anak rewel karena sakit bisa membuat ibu menjadi sedih, tidak tenang dan bingung, apalagi saat si kecil menolak untuk diberikan obat ataupun kompres demam.

Psikolog Anak Jovita Ferliana mengatakan yang perlu dilakukan sebagai langkah awal adalah menenangkan si kecil agar ibu juga bisa merasa dan berpikir lebih tenang. Sapa si kecil dengan lembut dan tenang, berikan sentuhan dan pelukan.

"Ibu juga bisa mengalihkan perhatian si kecil dari demam dan membuatnya merasa lebih tenang dengan bercerita kepada si kecil dan mengajaknya membuat cerita sendiri dengan karakter dan gambar,” jelasnya usai ditemui di acara peluncuran Hansaplast Cooling Fever.

Berikut tips dari Jovita agar Anda tetap tenang dalam menghadapibanak yang tantrum Karena demam:

1. Pahami kondisi anak

Pertama pahami kondisi fisik si anak ya kalau lagi sakit, tidak nyaman, kita juga kalau lagi demam juga ga enak. Bikin kenyamanan dia meski tantrum, peluknya jangan dari depan tapi dari belakanh, peluk beberapa saat biasanya kemarahan akan berangsur turun

2. Mulai lakukan yang anak suka

Bisa menyanyikan laggu kesukaan, atau mengajak cerita, sensorik menenangkan, dan sentuhan.
Kadang kan suka emosi terpancing, kitanya stay cool saja. Pelaksanaan step berikutnya tidak pakai drama lagi.

3. Turuti kemauannya

Turuti kemauannya misal yang menunjukkan bonding tidam masalah, memang anak butuh perhatian lebih. Misal tidur bareng sama orang tua. Jadi tergantung permintaan apakah aji mumpung atau enggak.

Lalu diarahkan bercerita kembali, kemauan dia seperti apa. Lebih ke kreativitas dan imajinasi anak. Tidak memberi apa yang dimau anak saja tapi apakah anak itu perlu apa tidak.

TAGS : Anak Demam Anak Tantrum Tips Anak




TERPOPULER :