Senin, 14/10/2019 18:05 WIB

Hadapi Pilkada Serentak 2020, PDIP Konsolidasi di Kalbar

Kalbar akan menghelat tujuh Pilkada, masing-masing Kabupaten Kapuas Hulu, Ketapang, Sekadau, Bengkayang,Melawi, Sintang, dan Sambas.

Konsolidasi PDIP Kalbar

Sintang, Jurnas.com - Sebanyak 270 daerah akan menggelar pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada 2020. Termasuk didalamnya tujuh kabupaten wilayah Kalimantan Barat.

Menghadapi hajatan politik itu, DPP PDI Perjuangan melaksanakan konsolidasi kader sebagai amanat Kongres V di Bali 2019.

"Salah satu amanat kongres adalah partai melakukan penguatan mekanisme kelembagaan kepemimpinan di dalam menghasilkan pemimpin melalui pilkada serentak 2020," kata Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Sintang, Kalimantan Barat, Jumat (13/9/2019).

Kalbar sendiri akan menghelat tujuh Pilkada, masing-masing Kabupaten Kapuas Hulu, Ketapang, Sekadau, Bengkayang,Melawi, Sintang, dan Sambas.

Dalam konsolidasi partai, kata Hasto, yang utama dilakukan dalam konsolidasi itu adalah penguatan struktur partai agar semakin sadar pada tugas ideologi menjaga Pancasila, NKRI, Kebhinekaan Tunggal Ika, dan menjalankan perintah Konstitusi.

Kemudian memperkuat kesadaran pentingnya kekuatan kolektif di dalam menjalankan tugas-tugas kepartaian, khususnya dalam mendukung Pemerintahan Jokowi.

"Jadi juga agar seiring dan senapas dengan apa yang juga diperjuangkan Pak Jokowi untuk kemajuan di seluruh aspek kehidupan bagi Indonesia Raya kita," ujar Hasto.

Di dalam konsolidasi ke Kalbar ini, Hasto ditemani oleh jajaran DPP PDIP. Seperti Ketua DPP bidang pemenangan pemilu Bambang Wuryanto, Ketua DPP bidang Ideologi Djarot Saiful Hidayat, dan Ketua DPP bidang perempuan dan anak Sri Rahayu. Bersama mereka, turut juga Ketua DPD PDIP Kalbar Lasarus.

Ketua DPD PDIP Kalbar, Lasarus, mengatakan kegiatan ini untuk mengambil langkah cepat konsolidasi agar bisa menyusun program kerja dan target yang ingin dicapai.

Ditambahkannya, Rakerda diikuti semua pengurus DPC hingga DPD hingga anggota dewan terpilih maupun petahana Kalbar.

"Merupakan tugas berat mempertahankan rentetan kemenangan yang sudah dicapai selama ini di Provinsi Kalbar," kata Lasarus.

Sebelum ke Kalimantan Barat, konsolidasi sudah dilakukan oleh Hasto di Propinsi Jawa Timur dan Propinsi Aceh. Berdasarkan rencana, akan ada beberapa propinsi lagi yang didatangi seperti Sumatera Barat dan Nusa Tenggara Barat.

TAGS : Pilkada serentak 2020 konsolidasi




TERPOPULER :