Senin, 23/09/2019 13:52 WIB

Puncak Festival Konstitusi dan Antikorupsi 2019 Digelar di Grha Sabha Pramana UGM

Agenda kegiatan hari pertama festival rencananya akan diisi kegiatan Diskusi Panel MPR yang mengambil tema

Puncak Festival Konstitusi dan Antikorupsi 2019 di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Rabu (11/9/2019).

Yogyakarta, Jurnas.com - Hari ini, Rabu (11/9/2019), perayaan puncak Festival Konstitusi dan Antikorupsi 2019. Bertempat di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Gubernur Daerah Istimewa  Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X membuka secara resmi gelaran akbar tersebut.

Festival tahun ini mengambil tema "Ukir Jejak Integritasmu! Wujudkan Budaya Konstitusi dan Antikorupsi. Pelaksanaannya digelar selama dua hari, yakni Selasa-Rabu (10-11/9/2019).

Grha Sabha Pramana UGM, gedung pertemuan berkapasitas sekitar 2.500 orang tersebut penuh sesak oleh berbagai elemen masyarakat mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga elemen kepemudaan dan kemasyarakatan.

Acara dimulai dengan sambutan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono. Dilanjutkan dengan penandatangan MoU "Deklarasi Antikorupsi" oleh MPR, KPK, MK dan UGM.

Rangkaian acara juga dimeriahkan oleh stand up comedy oleh Pandji Pragiwaksono dan paduan suara UGM.

Acara lainnya adalah pengumuman dan penyerahan hadiah juara pertama lomba academic constitutional drafting, juara nasional debat konstitusi MPR, dan juara 1, 2, dan 3 lomba short movie konstitusi tahun 2019.

Agenda kegiatan hari pertama festival rencananya akan diisi kegiatan Diskusi Panel MPR yang mengambil tema "Evaluasi Pelaksanaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945. Ada juga pembukaan Both Pameran MPR.

Pada hari kedua akan diisi dengan talkshow dengan tema "Ukir Jejak Integritasmu! Wujudkan Budaya Konstitusi dan Antikorupsi". Kemudian penandatanganan Deklarasi Anti Korupsi Tahun 2019.

Sebagai acara puncak, digelar Talkshow dengan tema “Ukir Jejak Integritasmu: Wujudkan Budaya Konstitusi dan Anti Korupsi” dengan nara sumber Rektor UGM, Sekjen MPR RI, Wakil Ketua MK, dan Ketua KPK.

Perhelatan hasil kerja sama antara Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan perguruan tinggi ini merupakan tahun keempat.

Sebelumnya, pada 24 Oktober 2016 diselenggarakan di Universitas Hassanudin Makassar. Pada tanggal 10 November 2017 digelar di Universitas Indonesia (UI), dan pada 14-15 Mei 2018 dilaksanakan di Universitas Sumatera Utara, Medan.

TAGS : Festival Konstitusi dan Antikorupsi MPR RI UGM




TERPOPULER :