Minggu, 27/09/2020 17:28 WIB

Uji Kelayakan Capim KPK, Herman: Tak Ada Lobi Politik, Kita Profesional

Komisi III DPR tidak akan melakukan lobi politik dalam rangka melakukan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan untuk memilih lima dari 10 Capim KPK.

Wakil Ketua Komisi III DPR, Herman Hery

Jakarta, Jurnas.com - Komisi III DPR tidak akan melakukan lobi politik dalam rangka melakukan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan untuk memilih lima dari 10 calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK).

Wakil Ketua Komisi III DPR, Herman Hery mengatakan, komisi yang membidangi hukum itu akan menjalankan tugas pokok dan fungsinya secara profesional dan transparan.

"Tidak ada lobi politik, kita profesional, terbuka seperti yang sudah saya katakan kemarin terbuka saja dan biar publik menilai," kata Herman, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (9/9).

Menurutnya, seluruh anggota Komisi III DPR memiliki hak konstitusional untuk bertanya dan memberikan masukan saat uji kelayakan nanti.

"Soal kenapa memilih semua kami serahkan ke floor sebagai pimpinan sidang, pimpinan rapat, kami hanya mengatur lalulintasnya, semua kami serahkan kembali kepada anggota masing-masing," katanya.

Adapun uji kelayakan dan kepatutan terhadap 10 Capim KPK akan dilakukan dua hari, Selasa dan Rabu. Dalam uji kelayakan dan kepatutan yang digelar Komisi III DPR nanti akan menggali makalah dari 10 Capim KPK tersebut.

TAGS : Pansel Capim KPK Komisi III DPR




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :